Dua WNI Positif COVID-19 di Indonesia

Menkes Tegaskan Tak Semua Bisa Positif Corona

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Senin 02 Maret 2020
share
Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Terawan Agus Putranto - (Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Terawan Agus Putranto menegaskan, tidak semua orang melakukan kontak langsung dengan orang yang terjangkit virus corona (COVID-19) langsung bisa terjangkit virus .

Menkes RI langsung mengunjungi dua pasien positif corona (COVID-19) di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Menurut Menkes, dua Warga Negara Indonesia (WNI), Kementerian Kesehatan sudah melakukan tracking agar melihat kronologis penyebaran virus tersebut.

"Dia melakukan kontak dengen siapa, rumah sakitnya dimana, dan lainnya. Ya perlu dilihat adalah tidak semua orang kontak (dengan orang positif corona COVID-19 itu menjadi sakit atau positif corona juga," kata Menkes Terawan Agus di Sulianti Saroso, Jakarta, Senin, (02/03/2020).

Menkes mencontohkan seperti 188nWNI (Warga Negara Indonesia) yang kontak langsung dengan pasien positif corona (COVID-19) di kapan pesiar World Dream. Semuanya dinyatakan negatif.

"Misal, pasien di World Dream. Itu ada yang kontak ke orang yang positif. Ada 188 orang tidak positif. Semua tergantung imonologisnya orang tersebut. Artinya itu negatif semua. Padahal cross contact," tambah Menkes.

Presiden Joko Widodo(Jokowi) mengatakan dua warga negara Indonesia (WNI) dinyatakan positifvirus corona atau (COVID-19).

Jokowi menjelaskan virus corona yang menyebar di Indonesia itu terungkap setelah ada laporan dua WNI menjalin kontak langsung dengan seorang warga negara Jepag yang positif corona (COVID-19).

Kedua WNI tersebut merupakan seorang Ibu 64 tahun dan anak perempuannya berusia 31 tahun. Dua WNI tersebut adalah warga Depok, Jawa Barat. (tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA