Menkes Imbau Orang Sehat Tak Perlu Pakai Masker

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Senin 02 Maret 2020
share
(Foto: Inilahcom/Didik)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Terawan Agus Putranto menegaskan, orang yang sehat tidak perlu menggunakan masker. Mengapa?

Menurut Menkes, ada aturan yang menetapkan penggunaan masker.

"Karena aturannya, baik Amerika keluarkan dan saya juga rilis dan sebagainya, yang pakai itu yang sakit, yang tidak sakit, yang sehat itu tidak perlu pakai," kata Terawan di Kantor Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), Jakarta, Senin, (02/03/2020).

Menkes mengungkapkan terimakasih untuk para wartawan yang tidak menggunakan masker saat press conference digelar. Karena menurutnya, yang menggunakan masker adalah orang yang sakit.

"Terimakasih di sini wartawan tidak ada yang sakit. Kenapa? Tidak ada yang pakai masker. Ada satu, oh enggak, enggak sakit, sudah dia lepas. Jadi sebanyak ini wartawan tidak ada yang sakit termasuk saya yang duduk di sini tidak sakit," tambahnya.

Masih menurut Menkes, hal tersebut sudah diatur juga oleh World Health Organization (WHO).

"Baik dari keputusan WHO, maupun dari amerika yang Saya baca, semua sama. Seluruh dunia sama keputusannya. Yang pakai masker adalah yang sakit. Supaya tidak menularkan," tegasnya.

Wabah virus Corona (COVID -19) sudah mendunia. Indonesia baru saja merilis dua pasien positif Corona (COVID -19) yang tengah menjalani perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Pusat Inveksi Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan temuan kasus pertama pasien positif Corona (COVID-19) di Indonesia. Keduanya adalah warga Depok, seorang Ibu (64) dan putrinya (31).

Keduanya positifvirusCorona setelah melakukan kontak dengan warga Jepang yang sedang berkunjung ke Indonesia.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA