Indonesia Umumkan WNI Terinveksi Corona

FKUI Siap Bantu Pemeriksaan Virus Corona COVID-19

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Selasa 03 Maret 2020
share
Prof Ari F Syam - (Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Indonesia menjadi salah satu negara dengan kasus virus COVID-19 terkonfirmasi.

Menurut Prof Ari F Syam, praktisi kesehatan sekaligus Dekan FKUI, menjelaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan dua orang positif virus corona (COVID-19).

"Sebagai akademisi dan praktisi klinis, saya sampaikan pemeriksaan virus merupakan pemeriksaan rutin yang dilakukan oleh laboratorium yang mempunyai fasilitas tersebut terutama PCR," kata Ari seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Selasa, (03/03/2020).

Periksaan virus merupakan pemeriksaan rutin yang biasa dikerjakan oleh laboratorium dengan fasilitas untuk pemeriksaan virus yaitu Biosafety Level 2 (BSL2) atau 3 yang saat ini dimiliki oleh Lab Litbangkes Kemenkes.

"FKUI juga punya fasilitas Lab pelayanan untuk virus yaitu di Laboratorium Mikrobiologi Klinik FKUI dan laboratorium riset untuk virus yaitu Pusat Riset Virologi dan Kanker Patobiologi (PRVKP) FKUI," tambahnya.

Saat ini Laboratorium Mikrobiologi Klinik dapat melakukan pelayanan berbagai pemeriksaan virus: CMV, EBV, Herpes simplex, Varicella Zoster, HIV, Virus Influenza H1N1, H3N2, H5N1 Rubella,Dengue Chikungunya, Japanese ensephalitis (JE), saat ini khusus riset Human Papiloma Virus high risk 16 dan 18.

"Jadi untuk pemeriksaan virus Covid-19, secara tehnik pemeriksaan ini dapat kami lakukan. Kami tinggal tunggu arahan kemenkes dan siap bantu untuk melakukan pemeriksaan atau skrining untuk virus COVID-19 ini, mengingat kasus ini sudah ditemukan di Indonesia," paparnya. (tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA