Agar Hubungan Harmonis

Penting, Kenali Bahasa Cinta Pasangan

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Jumat 06 Maret 2020
share
(Istimewa)

Agar Hubungan Harmonis

Penting, Kenali Bahasa Cinta Pasangan

INILAHCOM, Jakarta - Bahasa cinta adalah karakter yang terbentuk sejak kecil. Jika terus dijaga hingga membangun rumah tanga, bisa menjadi modal untuk memilki hubungan yang harmonis.

Ada orang yang senang dipuja dengan kata-kata, atau ada yang meyakini bahwa bentuk cinta adalah dengan pemberian hadiah. Tidak ada satu orang pun yang hanya memiliki satu bahasa cinta, tetapi umumnya hanya satu yang dominan.

Indra Noveldy, seorang relationship coach dan konselor pernikahan menjelaskan, suami atau istri harus mengenali bahasa cinta pasangannya masing-masing, dan penuhilah.

"Karena yang penting itu bukan bagaimana Anda merasa sayang kepada orang, tetapi apakah suami atau istri Anda merasa disayang," kata Indra seperti yang dikutip dari siaran pers dari GueSehat, Jakarta, Jumat, (06/03/2020).

Konsep memberikan bahasa cinta sesuai keinginan pasangan juga diperkuat dari hasil survei. Sekitar 98,9 persen responden menyatakan keinginannya agar para suami lebih memahami bahasa cinta mereka.

Menikah sekian tahun dan selalu menunjukkan rasa cinta dengan mengatakan I love you setiap hari, belum tentu membuat pasangan Anda suka. Bisa jadi ia menginginkan lebih banyak waktu dengan Anda.

Selain lima bahasa cinta yang dipatenkan oleh Gary Chapman, Indra juga menemukan bahwa ada bahasa cinta lain yang dibutuhkan oleh seorang suami atau istri, yaitu kejelasan.

"Contoh, ketika suami sudah sampai di kantor, istri merasa disayang ketika suaminya memberikan kabar. Seringkali ini diartikan suami sebagai bentuk posesif atau tidak percaya dengan pasangan," jelas Indra.

Asumsi adalah salah satu mesin pembunuh paling besar dalam sebuah hubungan. Padahal, apa salahnya menyenangkan pasangan dengan melakukan bahasa cinta ini? Hanya perlu beberapa detik kok, untuk mengirimkan kabar. (tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA