Penting, Tingkatkan Imunitas Tubuh

Empat Pasien Positif COVID-19 di Indonesia

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Jumat 06 Maret 2020
share
(Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Sistem imunitas tubuh menjadi suatu hal yang sangat penting dan harus terus ditingkatkan belakangan ini.

Hal tersebut erat kaitannya untuk menangkal virus Corona (COVID-19) yang tengah melanda Indonesia.

Setelah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengkonfirmasi dua kasus pertama positif coronavirus disease (COVID-19) pada Senin (02/03/2020), kini, pada Jumat, (06/03/2020) menjadi dua kasus tambahan lagi di Indonesia.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto di Istana Negara, Jumat (06/03/2020).

"Kita dapatkan dua orang confirm positif, yang kita sebut sebagai kasus nomor tiga dan empat," kata Yurianto selaku juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, di Jakarta, Jumat (06/03/2020).

Dari data tersebut, membuat pasien positif corona (COVID-19) menjadi total empat orang warga negara Indonesia (WNI).

Seperti yang diberitakan sebelumnya, kasus positif COVID-19 pertama dan kedua di Indonesia terjadi pada seorang Ibu (64) dan anaknya (31) yang berasal dari Depok, Jawa Barat.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, RSPAD Gatot Soebroto Dr dr Soroy Lardo,SpPD menekankan, untuk menangkal virus, dibutuhkan imunitas tubuh yang kuat.

Memiliki daya tahan tubuh yang kuat bukan hanya untuk menangkal virus tetapi untuk memulihkan pasien yang terinfeksi dengan penyakit penyerta atau biasa disebut komorbid.

"Angka kematian yang tinggi ada di kondisi pasien dengan komorbid. Oleh sebab itu, peran imunitas tubuh sangat penting," kata Soroy Lardo di Menteng, Jakarta.

Menangkal datangnya virus bisa dengan cara yang mudah. Hal ini harus dilakukan agar terbiasa.

Mulai dari cuci tangan dengan benar selama 20 detik menggunakan air mengalir dan sabun, konsumsi Makanan yang bergizi, olahraga teratur, dan konsumsi vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh.

"Konsumsi makanan bergizi menjadi suatu upaya menyeimbangkan tubuh, enggak hanya itu, tentunya didukung oleh kegiatan olahraga, relaksasi, yang juga menjadi jalan untuk tingkatkan imunitas," tambah Soroy.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA