Hati - Hati, Obesitas jadi Pemicu Sakit Ginjal

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Senin 09 Maret 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Obesitas adalah salah satu pemicu dari bermacam penyakit. Tidak hanya menimbulkan penyakit kardiovaskular, tetapi juga berpengaruh pada kesehatan ginjal.

Menurut Prof. Dr. dr. Suhardjono, Sp.PD-KGH, KGer dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), obesitas bisa menyebabkan penyakit diabetes. Ini juga erat kaitannya dengan ginjal.

"Kita juga tahu, kalau hipertensi akan membuat aliran darah menjadi kaku, juga menimbulkan gangguan fungsi ginjal, seringa semua sangat meningkatkan risiko terjadinya penyakit ginjal," kata Suhardjono saat ditemui di acara edukasi kesehatan yang dilaksanakan Kalbe Ethical Customer Care (KECC) dan Indonesia Kidney Care Club (IKCC) di RS Carolous, Jakarta, baru - baru ini.

Seperti kita ketahui, Penyakit Ginjal Kronik (PGK) atau orang biasanya menyebut penyakit gagal ginjal adalah penyakit yang diderita dalam waktu lama, bersifat menahun, progresif dan tidak bisa kembali ke kondisi semula atau seumur hidup penderitanya.

"Obesitas atau kelebihan brat badan bisa dictais dengan perubahan periilaku gaya hidup sehat. Ini mungkin yang susah dilakukan, karena mengubah seseorang yang hidupnya tidak sehat menjadi sehat," tambahnya.

Menurut hasil Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) 2018 berbasis nasional menunjukkan prevalensi penyakit ginjal kronis (PGK) sebesar 3,8 persen dengan kenaikan 1.8 persen dari tahun sebelumnya.

Penyakit ginjal memiliki risiko tinggi terserang penyakit jantung hingga kematian. Untuk itu perlu melakukan pemeriksaan laboratorium sebagai cara mencegah sejak dini karena penyakit ginjal tidak selalu bergejala.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA