Perempuan Bisa Semua, Jangan Abai Kesehatan Fisik

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Selasa 10 Maret 2020
share
foto dari email

INILAHCOM, Jakarta - Fakta menunjukkan bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) laki-laki lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan.

Salah satu penyebabnya adalah karena beragam peran serta kesibukan yang dijalani perempuan sementara tenaga yang dimiliki perempuan masih di bawah laki-laki.

Untuk itu menjadi Perempuan #BisaSemua pastinya mengharuskan perempuan untuk selalu menjaga kesehatannya baik secara fisik dan tentunya mental dengan banyaknya stigma yang melekat dalam dunia perempuan.

Karena itu, memahami kebutuhan multivitamin menjadi penting bagi perempuan, karena tuntutan menjalani berbagai peran tidaklah mudah. Namun ini merupakan hal yang harus dibanggakan oleh setiap Perempuan.

"Kekurangan vitamin itu tidak kasat mata. Ada empat grade tahapan ketika kekurangan vitamin. Kalau sudah mengalami grade keempat itu baru sadar, kekurangan vitamin sudah di rumah sakit. Pemeriksaan kekurangan vitamin sangat mahal tesnya. Jadi, setiap orang kadang tidak menyadari kekurangan vitamin di dalam tubuh kita," kata Dr Helmin Agustina Silalahi, Medical Manager Consumer Health PT Kalbe Farma Tb saat ditemui di acara Fatigon Perempuan Bisa Semua, Jakarta, Selasa, (10/03/2020).

Jika seseorang bisa mengkonsumsi makanan sehat dengan baik setiap hari, pada dasarnya tidak membutuhkan vitamin tambahan. Tetapi, perlu diingat, setiap orang memiliki kesibukan yang berbeda.

Tanpa disadari, asupan makanan setiap hari tidak didasari dengan gizi seimbang, seperti panduan isi piringku dari Kementerian Kesehatan RI.

"Multivitamin boleh dikonsumsi jika dibutuhkan tubuh. Jika merasa konsumsi makanan setiap hari sudah memenuhi kebutuhan gizi seimbang, multivitamin tidak dibutuhkan. Setiap orang memiliki kadar kebutuhan vitamin yang berbeda - beda. Tergantung kebutuhan," tambahnya. (tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA