Pasien Corona Terus Bertambah

Simak, Ini Pentingnya Cuci Tangan Dengan Benar

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Rabu 11 Maret 2020
share
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pasien yang positif tertularvirus CoronaCovid-19di wilayah Indonesia semakin bertambah.

Untuk itu, masyarakat harus terus menjaga kesehatan dengan menjalankan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Salah satu cara melakukan PHBS yang bisa sering kali dilakukan adalah dengan cuci tangan yang benar.

"Cuci tangan minimal 20 detik," kata dr. Fitri dari Rumah Sakit RS Sukanto Polri Kramat Jati, saat memberikan penyuluhan untuk warga RW. 05 Kramat Jati, Jakarta Timur, baru - baru ini.

Menurut dr. Yahya Spesialis Paru dari Rumah Sakit RS Sukanto Polri Kramat Jati, cuci tangan adalah suatu hal yang mudah dilakukan, tetapi bisa menjadi cara untuk mengantisipasi beragam penyakit menular lainnya.

"Tidak hanya untuk mengantisipasi virus Corona (COVID-19), tetapi juga bisa mencegah penularan penyakit jenis lainnya," papar Yahya di sela - sela memberikan materi pemaparan virus Corona (COVID-19) kepada warga RW.05 Krama jati.

Pada kegiatan penyuluhan materi tentang corona virus (COVID-19) yang dilaksanakan di halaman kantor RW.05 Kramat Jati, warga terlihat antusias ketika petugas kesehatan membagikan hand sanitizer.

Kemudian, mereka langsung mengikuti instruksi secara perlahan, tahapan - tahapan cara mencuci tangan sesuai dengan anjuran WHO (World Health Organization).

"Penyuluhan materi corona ini memang untuk seluruh warga RW.05, namun kali ini bertepatan dengan kegiatan posyandu lansia," ujar Intiyarsi salah satu pengurus Posyandu Lansia RW.05.

Lantas, apa saja tahapan cuci tangan yang benar? Berikut adalah enam langkah cuci tangan menurut WHO yaitu :

1. Tuang cairanhandrubpada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar
2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian
3. Gosok sela-sela jari tangan hingga bersih
4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci
5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian
6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan.

Perlu diketahui, hingga saat ini, Rabu, (11/03/2020), pasien positif virus corona (COVID-19) semakin bertambah. Total, menjadi 34, yang sebelumnya dengan jumlah 27 pasien positif.

"Sehingga hari ini ada penambahan sejumlah tujuh pasien," ucap Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, di Jakarta.

Semua pasien itu disebut Yuri, adalah kasus impor atauimported case. Kasus impor merupakan pasien yang tertular COVID-19 di luar Indonesia. Tujuh pasien baru itu memiliki kode nomor 28 sampai nomor 34.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Yuri menyebutkan ada seorang pasien positif yang meninggal dunia, yaitu pasien nomor 25.

Selain itu, terdapat dua pasien yang sembuh, yaitu nomor 06 dan nomor 14. Dua pasien yang sembuh itu akan disiapkan untuk dipulangkan. Dengan rincian itu, saat ini pasien yang masih positif berjumlah 31 orang.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA