Dampak COVID-19

Orangtua Bisa Tularkan Rasa Cemas ke Anak

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Kamis 19 Maret 2020
share
(Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pasien positif virus corona (COVID-19) terus bertambah. Untuk menekan sebaran virus tersebut, pemerintah memberlakukan kerja dari rumah (Work From Home) dan Belajar dari rumah.

Hal tersebut tentu banyak menimbulkan pertanyaan untuk anak - anak yang biasanya melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dalam kurun waktu 14 hari sejak Senin, (16/03/2020), anak dan orangtua yang bekerja di rumah berada dalam sebuah ruangan yang sama.

"Lalu wabah corona ini telah membuat anak-anak kita tidak sekolah orang tuanya tidak ke kantor juga, ini sangat berdampak berat kepada anak-anak karena banyak kecemasan yang timbul pada dirinya. Terutama bila orang tuanya cemas, masalahnya cemas itu sangat mudah ditularkan," papar Psikolog UI, Dr. Rose Mini Agoes Salim M.Psi, di kantor BPNB, Jakarta, Kamis, (19/03/2020).

Dia menjelaskan, dalam arti kata, orangtua yang cemas akan membuat anaknya menjadi cemas.

"Karena itu jangan memberikan informasi bahwa corona pasti akan mati, hal ini tidak layak itu diberikan kepada anak, tetapi yang kita berikan adalah kita fokus pada misalnya beri anak pemahaman bahwa virus corona bisa dicegah dan disembuhkan tegaskan pula bahwa orang yang terkena virus sudah ada buktinya yang sembuh," tambahnya. (tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA