Cegah Sebaran COVID-19

Orangtua ke Anak Bisa Kasih Edukasi Pencegahan

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Jumat 20 Maret 2020
share
(Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Orangtua bisa memberikan manfaat untuk anak agar tidak sakit dan tortular virus corona (COVID-19).

Menurut Psikolog UI, Dr. Rose Mini Agoes Salim M.Psi, di kantor BPNB, bisa dengan memberikan contoh pada anak sakit itu enak atau enggak.

"Bila dia mengatakan tidak enak, maka kita katakan, oleh karena itu kita harus mencegah untuk supaya jangan sakit ya," kata Rose Mini di Jakarta, baru - baru ini.

Masih menurut Rose Mini, orangtua bisa langsung mengajak anak - anak untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan belajar menjalankan hidup sehat.

"Beritahu pada anak langkah-langkah pencegahan yang bisa dilakukan agar tidak terkena virus ini, misalnya dengan cara rutin mencuci tangan, diajarkan juga dengan cara yang baik, bagaimana cara mencuci tangan tidak hanya ditaruh di bawah air keran lalu beres," tambahnya.

Kemudian, gunakan masker saat anak sedang sakit, atau kalau pergi keluar .

Selanjutnya, ketika anak ke tempat yang memang terpaksa harus masuk rumah sakit dan sebagainya, sebaiknya menggunakan masker.

"Mulai terapkan Kenapa tidak boleh keluar rumah, agar tidak bertemu dengan orang lain dan berjaga jarak dengan orang lain," paparnya.

Masih menurut Rose Mini, tidak diperbolehkan bersalaman, terlebih berciuman.

"Lalu setelah melakukan hubungan dengan cara bersalaman kita harus cepat cuci tangan atau segala sesuatu yang sifatnya umum anak harus diajarkan mencuci tangan. Tidak boleh memegang mata, hidung, semua yang ada di kepala kita, terutama khususnya mata, hidung mulut dan sebagainya atau telinga," ungkapnya. (tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA