Kemenkes Siap Distribusikan 12 Juta Masker

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Rabu 25 Maret 2020
share
Juru bicara Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto - (Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah terus menyiapkan logistik kesehatan untuk didistribuskkan ke seluruh provinsi di Indonesia. Kali ini telah disiapkan masker bedah dan masker N95.

"Kita di Kementerian Kesehatan sudah menyiapkan masker bedah sebanyak 12 juta lebih kemudian masker N95 lebih dari 81 ribu," kata Achmad Yurianto dalam konferensi pers di BNPB, Jakarta, Rabu, (25/03/2020).

Mengenai alur distribusi, menurut Yuri fasilitas kesehatan di Kabupaten/Kota bisa mengajukan kepada Dinkes Provinsi masing-masing sebagai titik penyaluran.

"Distibusi kita tetap mengacu pada sistem, kita akan mendorong pada Dinas Kesehatan Provinsi dan silakan end user RS, klinik dan sebagainya yang membutuhkan ini mengajukan melalui Dinas Kesehatan Provinsi, Komitmen kita sudah untuk ini, dan kita pastikan masker ini sudah bisa kita gunakan bersama," imbuhnya.

Selain masker, pemerintah tengah menyiapkan layanan telemedicine yang dapat diakses oleh masyarakat dimanapun dan kapanpun. Layanan ini bisa digunakan untuk skrining awal seputar Covid-19.

"Sudah banyak unicorn yang disiapkan ada call center 119 ext, banyak unicorn yang bisa digunakan untuk berkonsultasi diantaranya Halodoc, Sehatpedia dan Gojek. Kita menyiapkan banyak sekali ruang untuk bisa melaksanakan konsultasi seputar penyakit ini," tambah Yuri.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA