Cegah Penularan COVID - 19

Baiknya Cuci Tangan Pakai Sabun dan Air Mengalir

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Kamis 26 Maret 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Juru bicara Pemerintah untuk penangan COVID-19, Achmad Yurianto menjelaskan pencegahan penularan virus corona (COVID-19) harus terus dilakukan.

Salah satu caranya adalah mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir. Hal ini dianggap Achmad Yurianto adalah hal yang paling baik dibanding dengan cuci tangan menggunakan hand sanitizer.

"Dua hal yang ingin saya sampaikan dalam upaya mencegah penyakit ini. Artinya berpikir jangan sampai sakit," kata Achmad Yurianto di kantor BNPB, Jakarta, Rabu, (25/03/2020).

Pertama adalah jaga jarak. Ini adalah jaga jarak dalam melakukan kontak sosial. Bukan hanya di luar rumah, tetapi juga di dalam rumah.
Usahakan menjaga jarak.

"Yang kedua, kalau ada yang sakit, gunakan masker. Yang lebih Penting dari itu semua adalah cuci tangan pakai sabun, tidak harus hand sanitizer" tambahnya.

Dia menegaskan, jauh lebih efektif menggunakan sabun dibanding menggunakan hand sanitizer.

"Karena dengan sabun kita menggunakan air mengalir, kita bisa membasuh celah - celah kuku, dan sebagainya dengan baik. Dibandingkan dengan hand sanitizer yang hanya telapaknya saja yang dibasahi, punggung dan sela sela tangannya," ungkapnya.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA