Cegah Sebaran COVID-19

JubirCOVID-19: Ingatkan Jaga Jarak dan Cuci Tangan

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Sabtu 28 Maret 2020
share
Juru bicara Pemerintah terkait COVID-19, Achmat Yurianto - (Foto: www.covid19.go.id)

INILAHCOM, Jakarta - Juru bicara Pemerintah terkait COVID-19, Achmat Yurianto tidak bosan mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya jaga jarak dan cuci tangan.

Dia menjelaskan, adanya pertambahan kasus positif COVID-19 setiap harinya karena masih banyaknya masyarakat yang belum menerapkan jaga jarak dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yaitu cuci tangan pakai sabun.

"Oleh karena itu harapan kita mari bersama - sama yang pertama, jaga jarak kontak fisik dengan siapapun. Bukan Hanya di kantor, di luar, tetapi juga di rumah," kata Achmad Yurianto di kantor BNPB, Jakarta, Sabtu, (28/03/2020).

Masih menurutnya, hal yang penning lainnya adalah poin kedua, cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir, sebelum makan, sebelum minim, sebelum menyentuh wadah, menyentuh mulut, hidung, dan mata.

"Ini menjadi penting, karena ini menjadi kunci penularan cara tidak langsung, dan sering kita hadapi" tambahnya.

Dia juga berharap masyarakat tetap produktif menjalankan pekerjaan meski berada di rumah. Selain itu, saling melindungi diri dan keluarga dengan isolasi mandiri. Hal ini bertujuan untuk menjaga yang sehat tetap sehat dan tidak terkena penyakit.

"Kemudian yang berikutnya, tetap produktif di rumah, saling melindungi. Lindungilah yang sakit agar bisa melaksanakan masa isolasi diri dengan maksimal. Lindungilah yang sehat agar tidak terkena penyakit ini," paparnya.

"Kita berkomitmen bersama, mari yang sehat dijaga tetap sehat, yang mulai sakit - saktan kita jaga agar segera kita sembuhkan dan tidak menularkan ke orang lain. Kemudian yang betul - betul sakit di rumah sakit, kita doakan dan kita jaga dan kemudian kita latani sebaik -baiknya agar bisa sembuh seperti sediakala," katanya.

Dia juga menjelaskan pentingnya kerjasama seluruh masyarakat untuk mengatasi pandemik COVID-19 bersama - sama.

"Kita harus bekerja bersama ini masalah kita bersama membutuhkan peran aktif semuanya. Ini yang akan saya sampaikan beberapa hal. Mudah - mudahan kita bisa mengatasi situasi yang sulit ini. Yakinlah bahwa pemerintah akan bekerja sungguh - sungguh, bekerja dengan sepenuh hati untuk mengatasi COVID-19 ini," ujarnya. (tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA