Dukung Upaya Atasi Wabah COVID-19

Wishnutama Pastikan Hotel Ikuti SOP Kemenkes

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Sabtu 28 Maret 2020
share
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama, pastikan hotel untuk fasilitasi tenaga medis dan gugus tugas COVID-19, jalankan Standart Operational Prosedur (SOP) Kementerian Kesehatan.

"Dalam kerjasama ini hotel yang dipilih harus dapat mengikuti standart operasional prosedur (SOP) yang berkaitan dengan pelayanan tamu, sebagaimana yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan dalam rangka penanganan COVID-19 diantaranya, penyemprotan disinfektan secara rutin terutama di pintu masuk hotel, kegiatan Sanitas, pengaturan pshical distancing di seluruh area hotel termasuk penggunaan lift," kata Wishnutama di kantor BNPB, Jakarta, Sabtu, (28/03/2020).

Dia juga menjelaskan, sebisa mungkin dapat meminimalisir interaksi pelayan secara langsung dan langkah - langkah lainnya yang telah direkomendasi kementerian kesehatan.

"Seluruh tenaga medis yang menginap dan para karyawan hotel yang akan masuk, akan melewati beberapa tahap antisipasi seperti cek suhu badan, semprot disinfektan, dan pemakaian Alat Pelindung Diri (APD)," tambahnya.

Selain itu, pihak hotel juga akan menjalankan SOP khusus dalam melakukan tugas sehari - hari, baik dalam departemen yang bertemu langsung dengang tenaga kesehatan atau yang tidak langsung. Termasuk penyediaan makanan, housekeeping, loundry, dan sebagainya.

Tentunya kerjasama ini terbuka untuk hotel lain, atau jaringan hotel lain. Tentunya, yang dapat memenuhi prosedur dan persyaratan yang harus dipenuhi.

Diantaranya hotel berada di sekitar rumah sakit rujukan, serta pihak hotel tidak melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap karyawan terkait situasi pandemic COVID-19 masih berlangsung.

"Kerjasama ini tidak hanya sebagai upaya penanganan pandemic COVID-19 tapi juga membantu menjaga industri perhotelan dan transportasi yang menjadi bagian penting dari pada industri pariwisata," paparnya.

Dia juga mengungkapkan, Pemerintah mengimbau untuk semua unsur termasuk para pelaku industri pariwisata dapat membantu bersama menjaga Indonesia dalam menghentikan penyebaran wabah covid-19.

"Mari sama - sama kita menjaga indonesia dari wabah COVID-19," katanya. (tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA