Update COVID-19: Pasien Positif Capai 1.285 Orang

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Minggu 29 Maret 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Juru bicara Pemerintah terkait penanganan COVID-19, Achmad Yurianto menyebutkan kasus pasien positif COVID-19 mencapai angka 1.285 orang.

Data tersebut dihimpun dari Sabtu, (28/03/2020) pukul. 12.00 WIB hingga Minggu, (29/03/2020) pukul. 12.00 WIB.

"Ada penambahan kasus baru positif sebanyak 130 sehingga jumlah sekarang 1.285 kasus positif," ujar Achmad Yurianto selaku Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 dalam siaran langsung di kanal YouTube BNPB, Minggu (29/03/2020).

Masih menurutnya, terdapat penambahan lima pasien yang sudah sembuh sehingga total 64 orang.

"Kemudian pasien meninggal bertambah 12, menjadi 114 orang," tambahnya.

Pria yang akrab disapa Yuri tersebut tidak lelah mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu menjaga jarak saat berkomunikasi dengan orang lain. Hal ini agar mencegah penyebaran virus semakin banyak.

"Pahami betul bahwa penularan penyakit ini adalah dari orang yang sakit kepada orang yang sehat melalui kontak dekat. Karena kita paham, penyakit ini ditularkan dari percikan ludah yang kecil-kecil atau kita mengenalnya dengan sebutan droplet dari orang yang sakit pada saat dia batuk, pada saat dia berbicara, pada saat dia bersin ke sekitarnya," ungkapnya.

Kemudian, untuk orang yang sehat agar tetap bisa menjaga kesehatannya. Setidaknya menjaga jarak satu sampai dua meter untuk menghindari kemungkinan droplet terhirup dan masuk ke dalam saluran nafas.

"Dan apabila ada orang sehat berada di sekitarnya pada jarak kurang dari satu meter, besar kemungkinan droplet ini terhirup masuk ke dalam saluran nafas orang yang sehat. Akibatnya, akan tertular," kata Yuri.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA