Bersihkan VIRUS COVID-19

WHO Tak Sarankan Bersihkan Tubuh dengan Tiga Alat

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Senin 30 Maret 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Bilik disinfektan dianggap dapat mengusir virus yang hanggap di tubuh. Apakah hal tersebut dianjurkan?

Ruangan disinfektan kini banyak digunakan untuk melindungi tubuh dari virus.

Mengutip akun instagram WHO (World Health Organization), alcohol dan klorin tidak diperbolehkan diseprot ke seluruh tubuh untuk membunuh virus yang masuk ke dalam tubuh. Berikut adalah kutipan yang diambil dari akun instagram tersebut, Senin, (30/03/2020).

"Bisakah, menyemprotkan alkohol atau klorin ke seluruh tubuh Anda membunuh coronavirus baru? Tidak. Menyemprotkan alkohol atau klorin ke seluruh tubuh Anda tidak akan membunuh virus yang telah memasuki tubuh Anda," superti yang dikutip dari akun WHO.

Kemudian, pada akun tersebut menjelaskan, menyemprotkan zat-zat semacam itu bisa berbahaya bagi pakaian atau selaput lendir (mata, mulut).

"Ketahuilah bahwa alkohol dan klorin dapat berguna untuk mendisinfeksi permukaan, tetapi harus digunakan berdasarkan rekomendasi yang tepat," ungkap WHO.

Setelah bilik disinfektan, kini lampu disinfektan ultraviolet. WHO juga menyarankan sebaiknya tida menggunakan lampu tersebut.

"Dapatkah lampu desinfeksi ultraviolet membunuh coronavirus baru? Lampu UV sebaiknya tidak digunakan untuk mensterilkan tangan atau area kulit lainnya karena radiasi UV dapat menyebabkan iritasi kulit," dikutip dari akun instagram WHO.

Alat ketiga adalah pengering tangan. Ini juga tidak dapat membunuh virus COVID-19.

"Apakah pengering tangan efektif membunuh coronavirus baru? Tidak. Pengering tangan tidak efektif dalam membunuh coronavirus baru? Tidak. Pengering Tangan tidak efektif dalam membunuh - 2019 - nCoV (COVID-19)," tulis WHO.

Masih menurut WHO, untuk melindungi diri dari virus korona baru, Anda harus sering membersihkan tangan dengan alkohol berbasis alkohol atau mencucinya dengan sabun dan air.

"Setelah tangan Anda dibersihkan, Anda harus mengeringkannya dengan menggunakan handuk kertas atau pengering udara hangat," kata WHO. (tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA