Kunci Tubuh Sehat dan Kuat

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Sabtu 04 April 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Bagaimana memiliki tubuh yang kuat dan Sehat?

Konteksnya bukan pada olahraga melainkan pada berdoa.

"Teringatlah saya pada petuah guru besar probiotik siklus yang selalu menekankan pada doa, kepasrahan, ketulusan dan ketenangan jiwa dalam menghadapi apapun, termasuk menghadapi musibah sakit ataupun wabah seperti yang terjadi kali ini," kata Ahmad Imam Mawardi, seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Jumat, (03/04/2020).

Ini adalah upaya yang sangat fundamental di samping juga ketekunan untuk menyeimbangkan bakteri dalam tubuh, komunitas atau masyarakat.

Menurut beliau dan para ahli probiotik siklus ini, jika komunitas makhluk yang ada dalam tubuh manusia itu seimbang dan hidup damai, maka "damailah" kesehatan tubuh seseorang.

Lalu bagaimana cara menyeimbangkannya dan bagaimana cara mendamaikan hidup mereka?

"Membutuhkan jawaban panjang untuk menjelaskannya. Yang jelas, saya bersyukur mengenal dan mengetahui probiotik siklus ini, lebih mendamaikan hati dan menyehatkan badan," tambahnya.

Kata kunci utama kehidupan dan kedamaian jiwa dan badan kita adalah keseimbangan, balance, tawazun.

Kesalahan kita saat ini dalam hidup adalah ketidakmampuan diri untuk menjaga keseimbangan itu, melalui istirahat yang tidak teratur dan makan yang tidak sesuai dengan kewajaran waktu dan jumlah serta cara.

"Inilah yang menyebabkan kita sakit. Bagaimanakah agar bisa seimbang kembali? Tatalah jiwa untuk selalu sesuai dengan tuntunan," paparnya.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA