Deteksi dan Cegah Gangguan Psikologis pada Anak

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Senin 06 April 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Orangtua memiliki peran penting dalam perkembangan anak.

Untuk bisa mendeteksi ganguan kepribadian atau tingkah laku pada anak, orangtua harus memerhatikan perkembangannya, tahap demi tahap.

"Kalau orangtua mulai mendeteksi ada agresivitas dan perilaku kekerasan pada anak, maka anak perlu diajak berkomunikasi terlebih dahulu, untuk menilai apakah ada penyebabnya, apakah ada masalah yang mendasari sehingga kemudian orang tua bersama anak mencari jalan keluarnya," ungkap Dokter spesialis kedokteran jiwa, dr. Fransiska Kaligis, Sp.KJ(K), Jakarta, Senin, (06/04/2020).

Kalau pendekatan terhadap anak tidak mengubah tingkah lakunya, maka orangtua perlu berkonsultasi dengan profesional, baik psikiater maupun psikolog.

Orang tua juga bisa mencegah gangguan psikologis pada anak dengan berkontribusi penuh dalam pola pengasuhannya.

"Tidak hanya dengan memberikan kebutuhan nutrisi, pakaian atau tempat tinggal, namun orangtua juga perlu memberikan perhatian, dan kasih sayang setiap saat dan khususnya ketika anak membutuhkannya," tambahnya.

Usia remaja juga sangat krusial. Jangan sampai orangtua menjauhkan diri meskipun di usia remaja, anak terkadang ingin menjauhkan diri dari orangtua. Tetap berkomunikasi dan berikan perhatian.

Namun, di satu sisi orangtua juga perlu memberikan batasan, aturan, lingkungan yang terstruktur, dan konsisten bagi anak.

"Tetap perlu adanya kontrol dan menerapkan disiplin, namun tidak dalam cara berlebihan ataupun menerapkannya secara keras dan penuh dengan hukuman," papar Psikolog Theresia Michelle.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA