Hindari ISK, Tenaga Medis Bisa Pakai Popok Dewasa

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Senin 13 April 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Tenaga medis sebagai garda terdepan dalam penanganan pasien Covid-19 di Indonesia, harus selalu mengenakan Alat Pelindung Diri (APD), berupa baju Hazmat sesuai standar operasional yang berlaku.

Kondisi yang terjadi di mana ada keterbatasan jumlah APD selama penanganan wabah Covid-19 ini, maka ketika mengenakan baju Hazmat ini, ada sederet pengorbanan yang harus dilakukan oleh para tenaga medis.

Karena sekali dibuka, tidak bisa dipakai lagi, mereka pun harus bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama untuk tidak buang air kecil.

Padahal secara medis, menahan buang air kecil dalam jangka waktu yang cukup lama dan sering juga bisa jadi pemicu munculnya gangguan kesehatan, seperti infeksi saluran kemih dan inkontinensia urine.

"Nah, dengan menggunakan popok dewasa ketika mengenakan baju Hazmat, diharapkan bisa menjadi solusi bijak sehingga dokter dan paramedis tidak perlu lagi menahan BAK dalam jangka waktu yang cukup lama," kata Amelia Christine, Brand Group Manager PT. Softex Indonesia, Jakarta, Senin, (13/04/2020).

Karena itu, donasi 10 ribu popok dewasa Confidence tidak hanya ditujukan untuk para tenaga medis, tetapi juga untuk para pasien pejuang Covid-19 yang membutuhkannya.

Untuk tenaga medis, Confidence memberikan popok dewasa tipe celana, sedangkan untuk para pasien pejuang Covid-19 diberikan tipe perekat.

Di RS Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, donasi ini diserahterimakan kepada Letkol Waluyo, selaku Satgaskes RS Darurat Penanganan Covid-19 Divisi Logistik.

Dalam kesempatan tersebut, Letkol. Waluyo mengucapkan terima kasih kepada PT. Softex Indonesia atas donasi berupa popok dewasa tersebut.

"Ini sangat membantu kami, khususnya bagi petugas kesehatan yang mengenakan APD dan juga pasien yang membutuhkannya," ujarnya.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA