Rahasia Perawatan Hijab agar Tahan Lama

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Senin 13 April 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Desainer produk tekstil dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Nurul Akriliyatimenjelaskan tentang pentingnya merawat kain sifon dan satin.

Kedua jenis kain ini memerlukan perawatan sendiri agar warna tetap bagus, tidak cepat kusam, benang tidak ketarik, sehingga kain tidak rusak.

Jika memiliki mesin cuci dengan pengaturan hand wash atau seperti mencuci dengan tangan, maka kedua jenis kain ini bisa dicuci pada pengaturan tersebut.

"Khusus untuk hijab alangkah lebih baik, jika dimasukkan terlebih dahulu ke dalam kantung cuci. Sedangkan baju muslimah berbahan lembut sebaiknya dicuci tangan, tanpa menggosoknya terlalu keras, dan tidak pula mengeringkan kainnya dengan kasar, lalu diangin-anginkan tanpa langsung terkena sinar matahari. Jangan lupa, bagian luar kain harus diletakkan di dalam sebelum diangin-anginkan untuk menjaga warnanya," papar Nurul seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Senin, (13/04/2020).

Sebagai penunjang perawatan baju muslimah secara khusus, Nurul menyarankan menggunakan sabun cuci yang lembut, dan ditambahkan pelembut dan pewangi untuk hijab dan pakaian.


"Inti perawatan baju muslimah adalah mengenali bahannya terlebih dahulu, karena masing-masing kain memiliki karakter berbeda. Minimal mengenali dulu apakah bahannya menyerap keringat atau tidak," jelas Nurul.

Jika tidak mengenal jenis kain, bisa dicek melalui label yang tertera pada kerudung. Biasanya disana terdapat aturan mencuci dan mengeringkannya.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA