Atasi COVID-19

Produksi APD 16 Ribu Perhari untuk Tenaga Medis

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Rabu 15 April 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah akan penuhi kebutuhan alat pelindung diri (APD) bagi petugas medis sebanyak 16 ribu per hari.

Hal itu dilakukan dengan menggandeng produsen tekstil di Indonesia.

"Kita mentargetkan produksi bisa dikejar sampai dengan 16 ribu APD per hari. Ini adalah upaya keras kita sehingga diharapkan seluruh petugas kesehatan dan petugas medis bisa bekerja dengan tenang dengan rasa aman," kata Jubir Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto pada konferensi pers di gedung BNPB, Jakarta, Rabu (15/04/2020).

Kelengkapan APD sesuai standar bisa diproduksi dengan bahan baku lokal yaitu menggunakan polyester 100 persen. Ini merupakan upaya pemerintah untuk memenuhi APD denganmedical grade.

"Upaya ini bisa dilaksanakan berkat dukungan asosiasi pertekstilan Indonesia yang sudah lolos tes pada uji di Balai Besar Tekstil, Kemenperin dan diakui standarnya oleh Badan Kesehatan Dunia," ujar dr. Achmad.

Di samping itu, hingga saat ini sudah lebih dari Rp.200 miliar donasi masyarakat yang terhimpun yang akan dimanfaatkan untuk menanggulangi Covid-19.

Selain itu untuk memastikan bahwa tenaga kesehatan dan keluarganya, serta seluruh masyarakat terdampak bisa tenang di rumah kepanikan dan kekhawatiran.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA