COVID-19

Hasil Survey, Kegiatan Favorit Ibu Saat Pandemi

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Kamis 23 April 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Apa yang paling membuat tidak nyaman, bahkan stres, selama pandemi coronavirus atau Covid-19?

Semua kalangan tentunya mengkhawatirkan pandemi yang masih terus berlangsung, dan belum jelas kapan akan berakhir.

Pandemi berkepanjangan ini membawa perubahan perilaku atau kebiasaan karena masyarakat menjalaniphysical distancing.

Kira-kira apa yang dilakukan masyarakat untuk membunuh kebosanan, mengatasi stres, dan menyelamatkan perekonomian keluarga di tengah pandemi Covid-19?

Mengutip dari Guesehat, Kamis, (23/04/2020), mencoba menggali dan mencari tahu kegiatan para ibu rumah tangga selama masa pandemi dan menjalani kegiatan di rumah.

Teman Bumil melakukanpollingpada 25-30 Maret 2020 dan diikuti hampir 8.000 partisipan yang diklasifikasikan menjadi 3 kelompok, yaitu: ibu yangstay at home(ibu yang banyak menghabiskan waktu di rumah), ibu bekerja di kantor, dan ibu yang bekerja dari rumah.

Polling ini bertujuan untuk memahami perubahan perilaku para ibu rumah tangga selama pandemi Covid-19 berkaitan dengan imbauan pemerintah untuk melakukanphysical distancing.

Ternyata, selama#DiRumahAja,kegiatan yang paling banyak dilakukan oleh ketiga kelompok ibu adalah membersihkan rumah (22 persen) dan membuka media sosial (19 persen).

Sudah bisa diduga, media sosial menjadi sarana hiburan yang paling diminati. Sekitar 80 persen peserta polling mengaku menghabiskan waktu minimal 30 menit setiap hari untuk melihat media sosial.

Bahkan, ada beberapayang menghabiskan waktu di atas enam jam per hari.

Pada saat #DiRumahAja, ibu yang bekerja di kantormemanfaatkan waktu istirahatlebih banyak dibandingkan ibutipe lainnya.

Mereka juga banyak membaca berita dan menonton TV. Dalam hal mengurus anak, presentaseStay at Home Mumssedikit lebih tinggi dibandingkan yang lainnya.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA