Hadapi Pandemi COVID-19

Cegah Stres, Batasi Bacaan dan Tidak Panik

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Jumat 24 April 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Psikolog Ajeng Raviandomembagikan tips bagaimana mengelola stres selama pandemi.

Salah satunya dengan membatasi bacaan yang membuat stres dan panik.

"Kecenderungan orang kalau di rumah semua dibaca, padahal itu bisa menganggu ketenangan batin. Media juga sedang gencar memberitakan corona. Jadi, banjir informasi yang belum tentu kita butuhkan. Tidak semuanya akurat, jadi sebaiknya tidak semuanya dibaca," ujar Ajeng, seperti yang dikutip dari siaran pers dari guesehat, Jakarta, Jumat, (24/04/2020).

Ajeng menjelaskan, agar tetap bahagia selama menjalani masa isolasi di rumah saja, hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengubahmindsetuntuk selalu berpikir positif.

"Tips mudahnya, kalau muncul kekhawatiran, pejamkan mata sejenak dan membayangkan sesuatu yang menyenangkan. Penting bagi kita jeda dari pikiran yang negatif dan mencemaskan," ujarnya.

Langkah kedua adalah melakukan kegiatan yang membuat gembira. Misalnya berdandan di rumah, memasak, dan melakukan hobi positif lainnya.

Jangan lupa untuk bermain bersama anak setelah lelah mendampinginya sekolah di rumah. "Buat aktivitas seru di dalam rumah. Libatkan suami, sehingga para ibu tidak merasa stres sendirian," jelas Ajeng.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA