Atasi COVID-19

Ini Gerakan Bantu Sediakan Rapid Test

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Jumat 24 April 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Pandemi COVID-19 terus mengalami peningkatan pasien positif, salah satunya karena hasil tes cepat yang tengah digalakkan pemerintah Indonesia dalam beberapa minggu terakhir.

Untuk membantu menyediakan alat pendeteksi (rapid test kit) COVID-19 secara masif dan vaksin untuk melawan virus COVID-19, KoinWorks mengambil bagian dalam aksi nyata bersama gerakan Indonesia Pasti Bisa besutan East Ventures melalui KoinDonasi.

Aksi ini mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memerangi pandemi COVID-19 setelah sebelumnya gencar menyerukan #GerakanSocialDistancing dengan memanfaatkan ruang iklan publik masif di Jakarta sebagai pesan imbauan.

Bersamaan dengan hal tersebut, KoinWorks berkolaborasi dengan perusahaan asuransi jiwa terkemuka Indonesia, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia), untuk memberikan Perlindungan Jiwa Kecelakaan & COVID-19 sebagai wujud komitmen KoinWorks dan Prudential Indonesia dalam memerangi pandemi COVID-19 di Indonesia.

Willy Arifin selaku Executive Chairman & Co-Founder KoinWorks menuturkan, seperti diketahui, pasien positif COVID-19 yang hingga pertengahan April mencapai 5.516 orang dengan tingkat kematian mencapai 8,5 persen menjadikan lampu hijau bagi pihaknya pelaku industri untuk bergerak mengajak seluruh masyarakat Indonesia melawan pandemi COVID-19 bersama-sama.

"Kami dengan bangga bersama dengan pelaku industri lain yang tergabung dalam Indonesia Pasti Bisa berkolaborasi dengan Prudential Indonesia mengajak seluruh masyarakat Indonesia terlibat dalam penggalangan dana melalui KoinDonasi guna pengembangan dan produksi massal 100.000 test kit COVID-19 dan riset genetika pengembangan vaksin COVID-19," kata Willy seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Jumat, (24/04/2020).

Bersama Prudential Indonesia, setiap donator yang berkontribusi minimal Rp100.000 pada KoinDonasi akan mendapatkan perlindungan terhadap kasus infeksi COVID-19 berupa Santunan Tunai Tambahan sebesar Rp1 juta/hari selama maksimal 30 hari apabila Tertanggung positif terinfeksi COVID-19 selama periode inisiatif hingga 30 April 2020 dan harus menjalani rawat inap.

Selain itu, untuk masa pertanggungan 6 bulan, Prudential Indonesia juga akan memberikan santunan sebesar Rp10.000.000 apabila Tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan.

Premraj Thuraisingam selaku Chief Transformation Officer Prudential Indonesia menyampaikan, saat ini dampak pandemi COVID-19 telah memengaruhi seluruh aspek kehidupan masyarakat. Di masa-masa sulit ini, kerja sama dengan seluruh elemen masyarakat adalah kunci untuk dapat melalui krisis ini bersama-sama.

"Sebagai perusahaan yang berfokus untuk menyediakan solusi perlindungan jiwa dan kesehatan, Prudential Indonesia menyambut baik kolaborasi dengan KoinWorks ini sebagai upaya kami untuk melindungi sebanyak mungkin masyarakat Indonesia," papar Premraj.

Premraj menambahkan, selain melalui kemitraan dengan KoinWorks, pihaknya juga telah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk memberikan perlindungan berupa asuransi jiwa kepada lebih dari 500 relawan dan tenaga kesehatan yang tengah berjuang di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19, Wisma Atlet Kemayoran.

"Kami optimistis Indonesia akan dapat melalui pandemi ini dan kembali sebagai bangsa yang lebih kuat," ujarnya.

Proses pengumpulan donasi akan menggunakan prinsip responsibilitas, akuntabilitas, dan transparasi sehingga seluruh donatur dapat memantau setiap proses dan hasil dari proyek, termasuk keandalan dan penggunaan test kit yang telah didistribusikan.

Selain berupa uang tunai, masyarakat juga dapat menyumbangkan peralatan, atau tenaga dan keahlian dengan mengakses laman indonesiapastibisa.com.

"Periode penggalangan dana melalui KoinDonasi akan terus berjalan hingga terkumpul Rp10 miliar dan saya yakin, dengan bersatu melalui gerakan ini kita dapat berkontribusi besar untuk membangkitkan Indonesia dari keterpurukan pandemi yang melanda Tanah Air," tutup Willy.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA