Ngobrol Asik Virtual Bersama Adi Putera

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Kamis 30 April 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Fotografer milenial, Adi Putera berbagi pengalaman lewat akun instagramnya, @adipvtra kepada maysarakat.

Pada masa pandemi COVID-19, komunikasi lewat sosial media menjadi solusi yang tepat. Terlebih untuk berbagi ilmu dan pengalaman kapada masyarakat.

Hingga sekarang Adi Putra terus berkarya dan Jepang adalah tempatnya untuk mengekspolorasi gagasan dan kemampuan.

Menilik karya Adi yang tidak melulu fotografi memang memancing keingintahuan orang, apakah dirinya memang fotografer atau seniman? Pertanyaan ini pula yang terlontar saat Live Streaming Interview antara dirinya dengan Ifan Hartanto dari Wavestudioid, Rabu (29/04/2020).

"Kalau gue sih terserah disebut apa aja, yang penting berkarya," kata Adi.

Menurut Adi, karya memang utama dan karena karya pula, dirinya diapresiasi. Tak heran, bila ia memilih Jepang sebagai tempat untuk menghasilkan karya maksimal.

Dia menambahkan, di negeri sakura ini, karya yang ia hasilkan, khususnya fotografi mendapat apresiasi yang lebih tinggi.

"Ya, itulah alasan kenapa gue memilih Jepang karena memang di sini apresiasi terhadap karya tinggi," ungkapnya.

Selama ini Adi mengakui dirinya tak mengalami kendala teknis saat berkarya, khususnya saat memotret. Banyak hal yang bisa dia jadikan sumber inspirasi.

"Ya (ide) darimana aja. Kadang ia menonton dokumenter dari BBC atau menyimak youtube sebagai bagian referensi," katanya.

Sejauh ini, Adi menggunakan media digital atau film sebagai material untuk menghasilkan karya. "Ya, ini disesuaikan dengan keperluan dan budget. Kalau untuk pemotretan terkait katalog, (cenderung) menggunakan digital, kalau film untuk editorial. Lebih pas warnanya," tambahnya.

Sebagai fotografer, Adi Putra dikenal memiliki style tersendiri. Karya-karya fotografinya kerapkali disebut memiliki gaya moody, nostalgic, dan cinematic. (tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA