Cerita Maudy Ayunda Kena Lock Down di AS

IN
Oleh inilahcom
Senin 11 Mei 2020
share
(foto: istimewa)

INILAH.COM, Jakarta - Maudy Ayunda sedih karena kampus Stanford University, California, Amerika Serikat tempatnya kuliah ditutup karena lockdown di wilayah Amerika Serikat terkait pandemi.

"Jadi waktu awal-awal itu pas Maret kalau enggak salah memang ada (mahasiswa) yang dilaporkan sakit, tapi belum confirm itu Covid-19 atau bukan dan isunya adalah (mahasiswa) India di dome S1, di mana semua resourcenya masih komunal. Karena kan toilet sharing, kamar juga sharing enggak kayak S2 jadi memang bikin panik banget," kata Maudy Ayunda melalui Instagram live dengan Mira Lesmana, Senin (11/5/2020).

Tak berselang lama, Stanford University memutuskan untuk menutup kampus. Ujian akhir yang seharusnya dilaksanakan pun mendadak diubah sistemnya.

"Nggak lama kemudian langsung lockdown sekampus, padahal saat itu lagi final exam. Jadi dalam dua hari semua fakultas itu harus mengubah ujian akhirnya, dari yang harusnya langsung jadi online," ungkapnya.

Aktris 25 tahun ini sedih lantaran kebijakan pembatasan sosial sudah mulai diterapkan di AS, sementara dirinya sedang semangat menjadi mahasiswa baru.

"Aku sebenarnya cukup sedih banget karena perasaan baru kemarin mulai (kuliah) dan baru mulai kenal sama temen-temen aku, baru mulai nyaman, eh ditutup seperti ini dan nggak bisa berinteraksi lagi," ujarnya.

Maudy Ayunda terpaksa menetap di AS karena terlanjur mengambil joint degree belum lama ini. Dengan dua jurusan yang diambil, tak memungkinkan baginya jika kuliah online dari Indonesia, mengingat perbedaan waktu yang cukup jauh.

"Jadi kalau aku balik (Indonesia) kayak harus kelas dari jam 2 pagi mungkin sampai jam 7 pagi (waktu Indonesia) itu enggak mungkin banget," paparnya.

Kekhawatiran juga dirasakan orangtua Maudy di Indonesia. Bahkan, setiap kali berkomunikasi melalui telepon dengan orangtua dirinya kerap merasakan sedih.

"Kayak patah hati juga karena Ramadan jadi momen kumpul-kumpul juga, terus mama kalau telpon juga suka emosional. Aku jadi ikut mama nangis karena kangen," ujarnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA