9 Alasan Kuala Lumpur Sering Dikunjungi Warga RI

IN
Oleh inilahcom
Jumat 15 Mei 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Ibu Kota Malaysia, Kuala Lumpur menjadi salah satu destinasi wisata favorit warga Indonesia. Setidaknya ada sembilan alasan mengapa Kuala Lumpur jadi destinasi favorit.

Kuala Lumpur seperti halnya Jakarta di Indonesia, yakni merupakan wilayah metropolitan dengan pertumbuhan yang begitu pesat di Malaysia. Baik itu dalam hal jumlah penduduknya atau juga ekonominya.

Ibu Kota Malaysia ini setiap tahunnya juga menyumbang banyak pengunjung dari berbagai belahan dunia, termasuk juga masyarakat Indonesia. Banyak sekali alasan kenapa masyarakat Indonesia seringkali berkunjung ke Kuala Lumpur jika traveling ke luar negeri.

Salah satunya adalah jaraknya yang begitu dekat dengan Indonesia, bahkan hanya memerlukan waktu 2 jam saja sudah sampai ke wilayah yang kondang dengan Menara Kembar Petronas ini. Selain itu, banyak juga alasan lainnya yang membuat Kuala Lumpur begitu menyenangkan untuk dikunjungi, bahkan bagi yang baru pertama sekali pun.

Berikut sembilan alasan Kuala Lumpur jadi destinasi wisata favorit:

1. Tidak Memerlukan Visa, Hanya Paspor Saja

Salah satu kemudahan yang membuat masyarakat Indonesia berbondong-bondong datang ke Kuala Lumpur atau wilayah lainnya di Malaysia adalah bebas visa. Masyarakat Indonesia tidak memerlukan visa untuk bisa jelajah Malaysia, cukup dengan paspor saja. Bayangkan saja jika memerlukan visa, pastinya akan lebih ribet karena harus bolak-balik ke kedutaan dan ada beberapa file yang perlu untuk dipersiapkan.

2. Biaya Transportasi yang Cukup Terjangkau

Selain dekat, biaya transportasi di Malaysia juga cukup terjangkau. Banyak maskapai di Tanah Air yang beroperasi ke Malaysia, apalagi ke Kuala Lumpur. Contohnya saja Garuda Indonesia, Batik Air, Lion Air, Malaysia Airlines, Malindo Air, Thai Airways, dan masih banyak lagi yang lainnya. Banyak sekali pilihan yang bisa diambil, harganya juga beragam sesuai dengan ketentuan pihak maskapai penerbangan.

Tidak jarang, beberapa maskapai menawarkan promo yang sangat menggiurkan. Hanya dengan ratusan ribu saja sudah bisa pulang atau pergi Malaysia. Jadwal penerbangannya juga sering, jadi lebih fleksibel dalam waktu pemberangkatan.

3. Faktor Keamanan yang oke

Hal lainnya yang membuat Kuala Lumpur jadi tujuan banyak orang adalah keamanan yang oke. Bahkan untuk wanita yang bepergian sendirian pun juga tidak masalah. Jika negara lainnya kerap kali memiliki cerita mengeri penipuan atau pencopetan, Malaysia sangat terbilang kecil angkanya. Berdasarkan Safe Cities Index 2019, Kuala Lumpur menempati urutan ke 35 dari 60 negara di dunia.

4. Transportasi Umum yang Telah Terintegrasi

Ada banyak sekali pilihan transportasi umum yang bisa ditumpangi saat berkunjung. Ada LRT (Light Rapid Transit), KLIA (Kuala Lumpur International Airport) Express/Transit, MRT (Mass Rapid Transit), Rapid KL serta Go-KL sampai dengan taksi semuanya tersedia dengan mudah. Tinggal menghafalkan rute-rutenya saja.Tidak hanya itu saja, jadwalnya sudah pasti. Sehingga proses traveling jadi semakin mudah dan tertata dengan baik.

5. Salah Satu Surga Kuliner di Asia

Makanan yang ditawarkan Malaysia banyak sekali. Ada nasi lemak, nasi kandar, asam laksa, dan lain-lain. Makanan-makanan tersebut selain enak juga mayoritas halal karena memang masyarakat Malaysia juga memiliki penduduk kebanyakan muslim. Jadi, tidak perlu khawatir susah makanan halal. Salah satu yang begitu kondang di Kuala Lumpur adalah Bukit Bintang, tak hanya makanan saja yang berjejeran, namun juga pilihan wisata lain.

6. Menawarkan Medical Tourism Kelas Dunia

Tidak hanya Penang dan Melaka saja yang menawarkan wisata kesehatan unggulan, Kuala Lumpur juga. Misalnya saja ada RS Sunway Medical Center, Gleneagles Hospital Kuala Lumpur, Institut Jantung Negara, Beacon Hospital, dan masih banyak yang lain. Rumah sakit di Kuala Lumpur ini memang menawarkan konsep medical tourism untuk para pengunjungnya. Jadi, bisa melakukan pengobatan sekaligus jalan-jalan.

Alat-alat medis yang digunakan begitu canggih untuk pengobatan berbagai penyakit. Selain itu, mereka juga menjunjung tinggi pelayanan yang ramah dan profesional terhadap para pengunjungnya.

7. Banyak Wisata Belanja Murah Meriah

Meski menjadi kota metropolitan pertama di Malaysia, Kuala Lumpur memiliki banyak tujuan belanja dengan harga terjangkau. Bisa pulang dengan membawa oleh-oleh untuk orang di rumah. Ada Kenanga Wholesale City, Mid Valley Megamall, Petaling Street, Bukit Bintang, dan masih banyak lagi lainnya.

Harga yang ditawarkan begitu menggiurkan, tanpa sadar bikin orang-orang memborong berbagai barang. Seringkali lebih murah dari factory outlet di Indonesia. Namun, perlu untuk berhati-hati dengan barang tiruan ya.

8. Komunikasi yang Mudah Masih Serumpun dengan Indonesia

Kendala orang-orang saat liburan atau berkunjung ke luar negeri salah satunya adalah bahasa baru. Namun jika ke Kuala Lumpur, masyarakat Indonesia tidak perlu belajar banyak hal. Mungkin akan menyesuaikan beberapa kata saja, selebihnya sama dengan Indonesia. Jadi dalam hal komunikasi tidak menjadi hambatan lagi. Tulisan yang digunakan juga sama, cukup memudahkan. Tentu jika dibandingkan dengan Thailand atau Korea, Malaysia lebih ramah dengan Indonesia dalam hal bahasa.

9. Tawarkan Destinasi Wisata Gratis
Ada satu lagi yang membuat orang-orang Indonesia berbondong-bondong berkunjung ke Kuala Lumpur, yakni menawarkan beberapa destinasi wisata keren yang tiket masuknya gratis. Contohnya saja Kuil Batu Caves, Kuil Sri Mahamariamman, Menara Petronas (bagian-bagian tertentu saja), dan lain-lain. Sudah menjadi rahasia umum jika masyarakat Indonesia gemar sekali dengan hal-hal gratis. Tidak salah pengunjung Kuala Lumpur membludak dari Indonesia.

Itulah hal-hal yang membuat Kuala Lumpur jadi tempat yang begitu populer jadi wisata luar negeri masyarakat Indonesia. Apa pun alasannya, selagi memiliki kesempatan dan uang, tidak ada salahnya untuk jalan-jalan ke Kuala Lumpur atau wilayah lainnya. Semata-mata untuk menambah pengalaman dan pengetahuan supaya hidup bermasyarakat jadi makin lancar.

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA