Hadapi Pandemi COVID-19

Ini Cara Cegah Timbulnya Penyakit Metabolik

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Rabu 03 Juni 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Untuk mencegah timbulnya penyakit metabolik,ada hal yang perlu diperhatikan. Seperti apa?

Dr. Roy Panusunan Sibarani Sp.PD-KEMD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam-Konsultan Endokrin Metabolik, Ketua Komite Medis/Team Covid 19 RS Murni Teguh Sudirman Jakarta bilapada masa pre-Covid 19 mereka sudah melakukan pola hidup yang baik, dengan olahraga rutin, konsumsimakanan sehat serta bergizi,pada saat era Covid 19 dan #dirumahaja, mereka bisa tetap melakukan kegiatan positif itu.

"Termasuk mereka yang biasa olahraga di gym, bisa mengganti olahraga dengan cara lain selama di rumah karena mempunyai waktu untuk diri sendiri," papar Roy saat diskusi online ASTHIN, Jakarta, Rabu, (03/02/2020).

Sebaliknya, untuk mereka yang belum memiliki pola hidup yang baik pada saat pre-Covid 19, di masa pandemi ini menjadi waktu yang tepat untuk mereka melakukan pola hidup yang baik.

"Dengan cara memperbaiki pola hidup, diantaranyadengan berolahraga teratur, tidur cukup, minum air putih cukup, makan makanan bergizi dan suplemen yang baik," tambahnya.

Hampir sama, dikemukakan Dr. dr. Erlina Burhan, SpP, Dokter Spesialis Paru RSUP Persahabatan bahwa kebiasaan yang sudah dijalankan saat pandemi Covid 19 harus terus dijalankan atau new normal.

Pertama adalah disiplin PSBB, antara lain tidak bepergian, jaga jarak, pakai masker, cuci tangan, hidup bersih, dan sehat, termasuk meningkatkan daya tahan tubuh mereka.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, masyarakat harus melakukan makan yang cukup, istirahat yang cukup, memiliki suasana hati yang bagus atau jangan tress, minum vitamin, dan sebagainya.

"Untuk mereka yang tidak begitu yakin apakah makanan yang dikonsumsi sudah cukup mengandung vitamin, maka mereka bisa melengkapinya dengan mengonsumsi produk vitamin atau suplemen," ujar dr. Erlina.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA