Raih Banyak Manfaat dari Kebaikan Susu

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Jumat 05 Juni 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Frisian Flag Indonesia (FFI) terus mengajak keluarga Indonesia menikmati dan mendapatkan manfaat dari kebaikan susu.

Dalam rangka memperingati Hari Susu Nunsantara yang digelar setiap 1 Juni, FFI bekerja sama dengan PERGIZI PANGAN Indonesia gelar diskusi online bertajuk Kebaikan Susu Sebagai Bagian Gizi Seimbang, dari Peternak Sapi Perah Untuk Keluarga Indonesia Sehat Berprestasi.

"Momen ini menjadi simbol ajakan Frisian Flag Indonesia kepada seluruh keluarga Indonesia untuk terus tumbuh menjadi keluarga yang sehat dan kuat dengan minum susu setiap hari untuk melengkapi asupan gizi seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh," kata Corporate Affairs Director FFI, Andrew F. Saputro ,Jakarta, Jumat, (05/06/2020).

Masih menurutnya, selain minum susu setiap hari dan makan makanan bergizi, keluarga Indonesia juga harus membiasakan bergerak aktif setiap hari.

Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia Prof. Hardinsyah juga menyampaikan kebaikan-kebaikan yang terkandung dalam segelas susu.

Susu adalah salah satu sumber protein hewani yang juga mengandung berbagai zat gizi, baik makro maupun mikro, seperti vitamin dan mineral untuk membantu tubuh tumbuh sehat dan kuat.

"Sejarah gizi menunjukkan bahwa susu berperan baik dalam diet manusia sehari-hari. Bagi seorang remaja atau dewasa, dalam segelas susu terkandung separuh kebutuhan kalsium dan vitamin D; memenuhi seperlima sampai sepertiga (20-30%) kebutuhan protein, vitamin B6, B9, B12, E dan fosfor; serta sepersepuluh sampai seperenam (10-15%) kebutuhan energi, lemak yang unik, vitamin B5, zink, selenium dan magnesium," papar Prof. Hardinsyah.

Semua zat gizi ini turut membantu pertumbuhan dan perkembangan anak, pertumbuhan dan kekuatan tulang dan gizi, serta kekuatan otot dan kemampuan berfikir.

Prof. Hardinsyah menekankan bahwa susu merupakan pelengkap pemenuhan kebutuhan gizi bagi semua orang yang bisa mengonsumsinya.

Tidak hanya baik dikonsumsi anak, susu juga baik untuk dikonsumsi setiap hari oleh remaja dan orang dewasa untuk melengkapi pemenuhan gizi seimbang yang merupakan investasi untuk hidup sehat, cerdas dan kuat di masa sekarang dan masa datang.

Sayangnya belum banyak dari masyarakat yang memahami hal tersebut, diukur dari rendahnya konsumsi susu penduduk Indonesia yang rata-rata adalah 17 kg perkapita pertahun.

"Maka dari itu, penting untuk kita semua mengingatkan keluarga Indonesia untuk membangun kebiasaan baik minum susu setiap hari," tambah Prof. Hardinsyah. (tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA