Pemilihan Miss Grand Indonesia 2020 Sukses Digelar

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Selasa 23 Juni 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Pemilihan Miss Grand Indonesia 2020 telah berakhir. Finalis Aurra Kharishma terpilih sebagai pemenang Miss Grand Indonesia 2020.

Gadis berusia 21 tahun ini berhasil mengalahkan empat finalis lainnya pada malam penyelenggaraan Grand Final Miss Grand Indonesia 2020 pada Minggu, 21 Juni 2020.

Berikut ini daftar lengkap pemenang Miss Grand Indonesia 2020:

1. Miss Grand Indonesia 2020 : Aurra Kharishma

2. 1st Runner Up Miss Grand Indonesia 2020 : Bella Aprilian Sant

3. Miss Glowing Skin : Nadia Inggrida

4. Miss Photogenic : Jesika Lagu

5. Miss Congeniality : Jazmine Rowe

Penyelenggaraan grand final Miss Grand Indonesia 2020 oleh Yayasan Dunia Mega Bintang milik Ivan Gunawan dilaksanakan secara tertutup, dengan mematuhi protocol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah. Bahkan saat beraksi di panggung penjurian, para finalis tampil dengan menggunakan masker.

Sebelumnya, ke-5 finalis ini telah berhasil mengalahkan 37 orang yang mendaftarkan dirinya ke ajang pemilihan Miss Grand Indonesia 2020 pada tahun lalu.

Sejak Februari 2020, ke-5 finalis menjalani proses karantina di Roseville Soho and Suites, apartment yang khusus dipilih oleh Ivan Gunawan karena memiliki fasilitas dan sarana penunjang yang lengkap.

Selama masa karantina, finalis dibekali oleh berbagai ilmu yang diberikan oleh para mentor yang ahli dalam bidangnya. Mereka juga melakukan perawatan kecantikan secara berkala di MS Glow Aesthetic Clinic.

Namun karena pandemic Covid-19 yang terjadi sejak bulan Maret lalu, Ivan Gunawan mengubah system karantina. Semua peserta dipulangkan ke rumah masing-masing demi kepentingan kesehatan mereka.

"Buat saya keselamatan itu lebih baik. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Makanya saya memilih untuk mengubah proses karantina," kata Ivan Gunawan, Jakarta, Selasa, (23/06/2020).

Meski demikian, proses penilaian tetap berjalan. Proses penilaian finalis dilakukan dengan sejumlah kriteria yang tak hanya sekedar fisik.

"Cantik dengan tinggi tertentu itu mutlak. Tapi ada lagi hal penting lainnya. Karena lewat pemilihan Miss Grand Indonesia 2020 ini saya ingin berbagi ilmu kepada perempuan Indonesia supaya mereka bisa mengembangkan bakatnya di tengah masayarakat dan nantinya mereka bisa mengharumkan nama Indonesia di mata dunia," tambahnya.

Untuk itulah Ivan Gunawan yang merupakan juri sekaligus National Director dari Miss Grand Indonesia 2020, sengaja melibatkan sejumlah nama hebat untuk mendampingnya sebagai juri, seperti:

1. Sarwendah : Penyanyi dan Pengusaha. Selain sebagai juri, Sarwendah juga merupakan mentor sekaligus Bunda bagi para finalis selama masa karantina.

2. Junita Liesar : Wanita Inspiratif sekaligus Pengusaha.

3. Nadia Purwoko : Runner up Miss Grand International 2018 sekaligus perwakilan dari MS Glow Beauty.

4. Ari Tulang : Koregrafer dan Penata gaya

5. Arief Budiman : Direktur Utama YT Utama Putra

6. Drg Devya Linda : Dokter Gigi Celebrity

Tak hanya melibatkan juri yang mumpuni di bidangnya. Ivan Gunawan juga menjadikan MOP Channel, salah satu channel youtube terbesar di Indonesia milik Ruben Onsu sebagai official broadcasting partner penyelenggaraan Miss Grand Indonesia 2020.

Semua kegiatan para finalis mulai dari karantina hingga grand final diliput dan tayangkan secara eksklusif dalam bentuk reality show yang menarik di channel yang memiliki lebih dari 4 juta subscriber tersebut.

"MOP itukan salah channel youtube terbesar dengan banyak subscriber. Untuk itu saya sengaja membuat konsep reality show Miss Grand Indonesia 2020 supaya semua finalis bisa dengan mudah dikenal karakternya oleh masyarakat, terutama oleh pageant lovers. Para finalispun bisa self branding dirinya masing-masing dan langsung dinilai sama masyarakat," ujarnya.

MOP sebagai official broadcaster Miss Grand Indonesia 2020 dinilai sukses menayangkan setiap tahapan proses pemilihan, karantina hingga penjurian Miss Grand Indonesia 2020. Terbukti dengan banyaknya jumlah penonton yang menyaksikan di semua episode penanyangan Miss Grand Indonesia 2020 di channel tersebut. (tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA