https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   24 June 2020 - 14:45 wib

Empat Tips Konsumsi Makanan Gizi Seimbang

<B>INILAHCOM, Jakarta - Aria Novitasari, Nutritionist Herbalife Nutrition Indonesia Aria  Novitasari mengatakan bahwa ada hubungan nyata antara sistem kekebalan tubuh dan nutrisi.</B>

“Apa yang kita makan, di mana kita hidup, seberapa banyak kita tidur, bagaimana kita berolahraga, dan bahkan dengan siapa kita hidup, semua menyebabkan reaksi kimia yang dapat mengubah status kesehatan kita,” kata Aria saat virtual meeting bersama Herbalife, Jakarta, Rabu, (24/06/2020).

Masih menurutnya, yang perlu ditambahkan adalah adanya microbiome di tubuh, yang merupakan mikroorganisme dan dapat diandalkan untuk melindungi dari kuman, memecah makanan untuk energi, menghasilkan vitamin penting dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

“Mengacu pada data dari Herbalife Nutrition, bagian terbesar dari sistem kekebalan tubuh - sekitar 70 persen - terletak di dekat usus, yang memonitor asupan makanan dan bagaimana tubuh menggunakannya,” tambah Aria.

Hal ini yang menjadi penting bagi masyarakat untuk mengkonsumsi makanan seimbang dengan vitamin, mineral, dan nutrisi yang tepat sambil mempertahankan gaya hidup sehat.

“Dengan kata lain menjaga kesehatan sistem pencernaan adalah salah satu kunci untuk menjaga sistem imun kita tetap optimal,” ungkap Aria.

Mengkonsumsi makanan seimbang harus juga memperhatikan asupan nutrisi yang dapat diserap optimal oleh sel tubuh.

Ada beberapa tips dalam mengkonsumsi makanan seimbang:

1. Sertakan protein dalam nutrisi harian Anda Selain dikenal sebagai pondasi tubuh, protein juga memungkinkan tubuh untuk memproduksi antibodi yang dibutuhkan untuk melawan virus dan bakteri yang menyerang tubuh.

Protein dapat kita peroleh dari berbagai makan yang mudah didapat seperti ikan, unggas, daging tanpa lemak, makanan kedelai dan produk susu rendah lemak.

2. Konsumsi vitamin dan fitonutrien Vitamin A dan C, serta fitonutrien adalah faktor penting dalam kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Sebagai salah satu pendorong sistem kekebalan tubuh terbesar, Vitamin C mendorong tubuh untuk memproduksi antibodi yang melawan penyakit.

Sangat penting untuk mempertahankan asupan vitamin C harian karena tubuh tidak memproduksi atau menyimpannya.

“Sedangkan, vitamin A mendukung kesehatan kulit kita, jaringan saluran pencernaan kita dan sistem pernapasan. Fitonutrien, yang ditemukan dalam sayuran dan buah-buahan, dapat mengurangi stres oksidatif tubuh kita,” Katanya.

Sejumlah fitonutrien telah terbukti mengurangi risiko kanker dan penyakit kardiovaskular, melawan peradangan, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan keseluruhan sistem kekebalan kita.

3. Fokus pada kesehatan usus dengan probiotik dan prebiotik.

Sistem pencernaan juga memainkan peran penting dalam mendukung fungsi kekebalan tubuh.

Saluran usus adalah rute utama kontak dengan lingkungan eksternal dan merupakan jalur yang mengandung mikrobioma dan membantu pencernaan serta penyerapan nutrisi.

Memiliki bakteri usus yang tepat telah dikaitkan dengan manfaat seperti penurunan berat badan, peningkatan pencernaan, kulit yang lebih sehat, dan yang paling penting meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, meskipun penelitian di bidang ini tidak konklusif atau dapat diterapkan secara universal.

Penelitian telah menunjukkan bahwa probiotik, yang merupakan 'bakteri baik', berguna dalam menjaga sistem pencernaan, dan prebiotik, jenis serat yang tidak dapat dicerna tubuh manusia, berfungsi sebagai makanan untuk probiotik ini.

4. Tingkatkan konsumsi asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3, seperti DHA dan EPA, adalah jenis lemak sehat dan esensial, yang dapat ditemukan dalam makanan seperti biji chia dan suplemen seperti minyak ikan.

Asam lemak omega3 dapat meningkatkan fungsi sel imun, yang memainkan peran besar dalam sistem bawaan dan adaptif yang merespons infeksi.

Mengikuti pedoman kesehatan umum yang baik – memastikan asupan nutrisi dan olahraga teratur - adalah garis pertahanan pertama Anda dan cara terbaik secara alami menjaga sistem kekebalan tubuh Anda.(tka)

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Jatim Bebas Dari Zona Merah, Tetap Jangan Lengah

Data Satgas Covid-19 Nasional per 31 Agustus 2021, Jawa Timur bebas dari zona merah resiko penyeb
berita-headline

Inersia

Lagi Bertengkar Dengan Pasangan, Intip Cara Menjinakkan Hatinya

Lagi bertengkar dengan pasangan, bingung cara memulai obrolan atau gengsi kalau minta maaf duluan
berita-headline

Viral

Kata Pakar Kesehatan Soal Tren Kasus Menurun, Maksimalkan Vaksinasi

Tren kasus terkonfirmasi positif covid-19 belakangan menurun. Menurut Ketua Bidang Data dan Tekno
berita-headline

Viral

Terus Bertambah, Penerima Vaksin Lengkap di Indonesia Capai 36,8 Juta Orang

Perkembangan program vaksinasi dalam penanganan pandemi COVID-19 per 2 September 2021 secara nasi
berita-headline

Inersia

Tiga Program Utama untuk Target Pengendalian Covid-19

Upaya keras untuk mewujudkan target dan program pengendalian covid-19 terus digenjot. Sud