Bekal Edukasi Kesehatan Hadapi Kenormalan Baru

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Sabtu 27 Juni 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Isu kesehatan saat ini menjadi isu yang paling utama di dunia, termasuk di Indonesia.

Hal ini disebabkan karena adanya pandemi Covid-19 yang disebabkan oleh Coronavirus dan telah melanda dimulai pada akhir tahun 2019. Adanya pandemik ini mengubah cara hidup masyarakat dalam berbagai aspek, mulai dari bekerja, belajar, belanja, hingga bersosialisasi.

Dalam rangka menekan angka penyebaran Covid-19, pemerintah Indonesia telah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

PSBB telah berjalan sekitar empat bulan lamanya, di mana pemerintah membuat peraturan untuk membatasi kegiatan masyarakat.

Namun saat ini Indonesia telah memasuki babak New Normal. Pemerintah mulai melonggarkan aturan PSBB dengan membuka kembali berbagai sektor perekonomian, namun tetap diberikan kaidah aturan-aturan yang berlaku.

Dalam memasuki babak New Normal, tentunya masyarakat perlu menyesuaikan kondisi dan membekali diri dengan informasi yang valid, akurat, dan terpercaya khususnya seputar isu kesehatan.

Masyarakat juga membutuhkan layanan kesehatan yang sesuai di tengah kondisi pandemi saat ini. Maka dari itu, diperlukan wadah khusus yang dapat menyediakan sarana informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia dalam pandemi ini.

"Melihat kondisi saat ini yang sedang memasuki masa transisi atau disebut New Normal, kami tergerak melakukan sesuatu. Dengan adanya perubahan perilaku masyarakat serta masih kurangnya informasi seputar isu kesehatan, maka dari itu bertepatan dengan memasuki satu tahun Jovee & Lifepack, kami sebagai perusahaan yang bergerak di bidang digital health berinisiasi mengadakan konferensi kesehatan digital pertama di Indonesia yaitu We The Health. We The Health sendiri kami rancang sebagai sebuah wadah yang menyediakan informasi akurat, terpercaya, dan ter-update seputar isu kesehatan dengan menghadirkan para narasumber berpengalaman di bidangnya. Mereka akan memberikan informasi terkait kondisi New Normal saat ini." ungkap Natali Ardianto, CEO Jovee & Lifepack, seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Sabtu, (27/06/2020).

We The Health merupakan konferensi kesehatan digital pertama di Indonesia yang membahas seputar isu kesehatan dalam rangka menghadapi New Normal.

Acara We The Health mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak, di antaranya adalah Bupati Trenggalek H. Mochamad Nur Arifin, dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang membuka acara We The Health pada hari Sabtu 27 Juni 2020 pukul 09:00 WIB.

Selain mendapat dukungan dari pemerintah, We The Health akan diisi dengan berbagai topik menarik seputar New Normal dan juga pakar-pakar terkemuka di bidangnya, di antaranya Health & Lifestyle influencer Puspa Dewi, yang viral di sosial media karena masih terlihat sangat bugar dan cantik walau sudah memiliki seorang cucu dan telah berusia 52 tahun.

Puspa Dewi akan memberikan kiat-kiat bagaimana menjaga kebugaran tubuh dan awet muda. Co-founder Sehatmental.id Ade Binarko akan membahas mengenai pentingnya mengelola stres saat pandemi.

Lalu ada juga webinar khusus tenaga kesehatan yang membahas topik mengenai bagaimana strategi dan manajemen untuk penderita diabetes mellitus yang akan dipandu oleh Aveceena dan diisi oleh dr. Tri Juli Edi Tarigan, Sp.PD., KEMD., FINASIM., Ns. Ahmad Hasyim W. S.Kep., M.Kep., M.Ng., dan Ernawati, S.Kp., M.Kep., Sp.KMB. Selanjutnya dr. Darrel Fernando, SpOG membahas seputar rutinitas untuk wanita yang sedang hamil saat waktu New Normal. Dilanjutkan dengan topik bagaimana tips menjaga kesehatan kulit dari dalam dan menyesuaikan dengan situasi New Normal yang akan dibawakan oleh dr. Listya Paramita, SpKK.

Sesi berikutnya akan dibawakan oleh dr. Robbi Asri Wicaksono, SpOG yang akan membahas tentang bagaimana pandemi berdampak pada pola aktivitas seksual. Sesi terakhir akan ditutup oleh dr. Jaka Pradipta Sp.P yang akan membahas bagaimana persiapan serta adaptasi menghadapi rutinitas New Normal.

"Kami berharap dengan terselenggaranya acara ini, Jovee dan Lifepack dapat menjadi jembatan pengetahuan dan koneksi untuk membantu setiap orang yang membutuhkan informasi dan juga layanan kesehatan yang sesuai di tengah kebutuhan saat ini. Beragam hadiah dengan total senilai 52 juta rupiah juga sudah kami siapkan untuk partisipan yang mengikuti sesi konferensi ini. Namun tujuan dari acara We The Health ini adalah kami ingin membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia agar terus lebih baik," tutup Natali.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA