Hadapi Pandemi COVID-19

Menata Rumah bisa Menghilangkan Stress

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Senin 13 Juli 2020
share
Istimewa

INILAHCOM, Jakarta - Pandemi COVID-19 membuat banyak orang memiliki waktu luang. Hal itu dilakukan untuk melakukan hobi baru di rumah. Salah satunya dengan menata ruangan.


Menata ruangan dengan perabotan yang disukai, bisa menjadi pengalihan pikiran agar tidak mengalami stress selama menghadapi pandemi COVID-19. Ini bisa mengasah pikiran Anda untuk terus membereskan rumah setelah mungkin tidak mendapat perhatian ketika sedang sibuk dengan kerjaan di kantor.

Setelah menata ruangan dengan perabot-perabot utama, bisa jadi Anda memiliki satu atau beberapa sudut kosong yang rasanya sayang bila dibiarkan. Untuk kondisi ini, tidak ada salahnya kita mempertimbangan membuat sudut-sudut cantik dengan perabot unik.

Selain memilih perabot yang unik secara desain, kita juga bisa memilih perabot yang tetap memiliki fungsi di rumah, seperti misalnya: tempat sampah dan gantungan.

Apalagi bagi Anda pecinta kerapian dan kebersihan di tempat tinggal. Dua perabot ini tentu wajib ada paling tidak untuk satu-dua ruangan.

1. Gantungan Berdiri

Perabot ini biasanya bisa Anda tempatkan di kamar tidur, baik untuk Anda yang menempati kamar sendiri atau bareng teman/pasangan.

Gantungan baju yang berdiri ada yang juga memiliki rak di bagian bawahnya. Rak gantung semacam ini bisa Anda manfaatkan untuk menggantung pakaian yang on-the-go atau bisa dikatakan pakaian yang setiap saat ready langsung dipakai untuk keluar.

Biasanya semacam jaket, sweater, selendang, atau kemeja outer. Bisa juga peralatan pelengkap style Anda, seperti topi, ikat pinggang, atau aksesoris lainnya.

Bahan materialnya terbuat dari besi yang kuat menopang banyak bahan. Namun, jika memutuskan untuk menggunakan rak gantung sebagai tempat koleksi pakaian, pastikan rak semacam ini tidak dipenuhi pakaian bertumpuk ya karena dikhawatirkan malah menjadi sarang nyamuk di kamar.

2. Gantungan Pengait

Jika gantungan baju pada poin di atas bisa ditempatkan di sudut yang relatif luas, bagaimana halnya jika Anda memiliki sisa ruangan yang tidak terlalu luas? Maka, gantungan pengait solusinya.

Dengan tinggi +/- 1,5 meter dan diameter hanya sekitar 2,5 cm, Anda bisa meletakkan koleksi fashion apparel tanpa menghabiskan banyak space. Rak gantungan model ini terdapat beberapa pengait di body-nya. Biasanya sekitar 4-5 pengait.

Tapi, hal yang perlu diperhatikan adalah meletakkan berbagai perlengkapan fashion atau aksesoris di gantungan ini berarti Anda harus memastikan beratnya seimbang. Mengingat bentuk rak ini lebih berupa tiang yang lurus, dengan pengait di kanan-kiri sehingga butuh dijaga seimbang agar tidak jatuh.

3. Gantungan Pintu

Sudut lainnya yang bisa Anda percantik di rumah adalah bagian pintu. Dengan cat polos, bagian pintu bisa ditambahkan gantungan unik.

Untuk memasang hanger ini sangat mudah, Anda bisa mengaitkan bagian belakang hanger pada sisi atas pintu. Gantungan semacam ini biasanya terbuat dari material besi yang kuat untuk menahan beban yang berat.

Mengenai desain, bagi Anda yang mengejar keunikan untuk konsep ruangan, bisa pilih yang sesuai minat. Meskipun terkesan kecil, namun gantungan unik ini bisa menambah nyaman kamar karena kamar jadi beres dan estetik.

4. Tempat Sampah Rumahan

Keberadaan sampah memang sebaiknya ada di luar rumah. Namun, untuk bolak-balik membuang sampah ke luar rumah, tentu bisa merepotkan.

Nah, Anda jadi perlu menempatkan tempat sampah di sudut-sudut dalam rumah atau bahkan di dalam kamar, sebab jika Anda sadari, sampah kertas atau makanan, bisa rutin Anda buang hampir tiap harinya.

Untuk itu, Anda perlu tempat sampah yang tidak membuat sampah-sampah berantakan, tidak membuat kotor sekitar dan mencegah aroma tak sedapnya menyebar ke seantero ruangan.

Solusinya, jika memungkinkan, sediakan 1-2 tempat sampah di dalam rumah. Bahkan bila perlu, tempatkan 1 kotak sampah per ruangan. Pilih volume dan model yang pas dengan kebutuhan. Salah satunya adalah memilih kotak sampah dengan penutup. Selain mencegah sampah berantakan, model ini bagus untuk mencegah bau sampah menyebar atau bahkan dikerubungi lalat.

5. Tempat Sampah Listri


Untuk yang beraktivitas di perkantoran, mungkin Anda perlu tempat sampah dengan pengaturan lebih canggih atau dengan setting otomatisasi yang mumpuni. Nampaknya, tempat sampah otomatis yang bertenaga baterai ini bisa jadi pilihan Anda. Dengan sensor gerak di body-nya, tempat sampah ini bisa otomatis terbuka ketika ada tubuh manusia menghampiri di sekitarnya.

Bagaimana? Siap mencari perabot unik menghiasi sudut agar lebih ciamik?


# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA