Suplemen Serat Lancarkan Pencernaan

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Jumat 17 Juli 2020
share
Istimewa

INILAHCOM, Jakarta - Tidak hanya pada obat, suplemen juga dapat menimbulkan efek samping, yang terjadi karena tidak mengikuti anjuran pakai misalnya konsumsi berlebihan dan konsumsi walau tidak perlu.

Sebagai contoh, suplemen vitamin D berguna untuk membantu penyerapan kalsium dan menawarkan perlindungan tulang yang mencegah osteoporosis.

Berdasarkan penelitian, orang sehat yang tetap mengonsumsi suplemen vitamin D walau tidak membutuhkan justru akan memicu atau menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Menariknya, ada satu suplemen yang efeknya bukan ke samping namun ke belakang yaitu FibreFirst.

FibreFirst dikenal sebagai suplemen serat yang membantu menyehatkan dan melancarkan pencernaan.

"Iya dengan minum FibreFirst satu saset sebelum tidur biasanya menimbulkan efek ke belakang (BAB) di keesokan paginya," kata Nida Nabilah S. Gz selaku Nutritionist FibreFirst seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Jumat, (17/07/2020).

Bagi sebagian besar masyarakat, susah BAB memang sangat mengganggu, perut terasa penuh namun kotoran tak juga keluar meski sudah berlama-lama di toilet.

Dewasa ini bisa rutin BAB satu kali sehari saja sudah merupakan hal yang patut disyukuri.

"Manfaat yang bisa didapatkan dari suplemen tergantung dari suplemen apa dan untuk tujuan apa, harus cocok, misalnya kurang konsumsi buah & sayur setiap harinya karena kesibukan sehingga merasa pencernaan kurang sehat dan lancar, ya cocoknya jelas dong suplemen serat. Namun usahakan untuk tetap konsumsi buah dan sayur ya", kata dr. Hilna Khairunisa M. Gizi, Sp. GK.

Dewasa ini masyarakat modern terutama di kota-kota besar masih dalam kondisi kekurangan serat. Sesuai dengan laporan RISKESDAS 2018 yang menyebutkan 95,4 persen masyarakat Indonesia kurang konsumsi buah & sayur.

Walau begitu, bila mengonsumsi suplemen serat seperti FibreFirst dianjurkan untuk cukup satu saset setiap hari sebelum tidur.

"Sejauh ini, 10 dari 10 masyarakat di Indonesia setuju FibreFirst membantu pencernaan lebih lancar dan lebih sehat", lanjut Nida.

Dengan efek ke belakang oleh FibreFirst tersebut menandakan pencernaan sehat dan lancar sehingga bersih dari kotoran dan racun yang menumpuk dalam saluran pencernaan, dan penyerapan nutrisi lebih optimal.

Diketahui 70 persen sel imun terdapat di pencernaan, maka dengan pencernaan sehat otomatis imunitas pun kuat.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA