Banyak Manfaat Bermain untuk Tumbuh Kembang Anak

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Rabu 22 Juli 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Tak hanya penting bagi tumbuh kembang anak, bermain berikan banyak manfaat. Apa saja?

Manfaat yang bisa didapat dari bermain adalah memperkaya wawasan tentang solusi masalah, meningkatkan rasa keberhasilan, mengasah koordinasi motorik, dan mengasah kemampuan sosial.

Menurut Michele Capurso dalam sebuah penelitian pada tahun 2016, salah satu manfaat dari bermain bagi anak adalah meningkatkan kemampuan untuk coping yang merupakan kemampuan untuk menghadapi dan mengatasi tantangan atau masalah dengan baik dan tenang.

Tantangan yang akan dihadapi anak-anak kita di masa depan tidak sama dengan yang kita hadapi sekarang.

"Mereka perlu dibekali bukan saja dari segi akademis, tapi juga dari segi kreatifitas, karakter dan kemampuan bersosialisasi yang bisa didapat dari bermain," jelas Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., psikolog dan Ketua Ikatan Psikologi Klinis Jakarta, saat webinar bareng paddle pop, Jakarta, Rabu, (22/07/2020).

Masih menurutnya, terdapat tiga konsep penting seputar dunia bermain anak.

Mainan yaitu alat yang digunakan, bisa merupakan hasil karya anak. Lalu, permainan yaitu aktivitas yang diciptakan, bisa membutuhkan mainan ataupun tanpa mainan.

Bermain yaitu kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh kesenangan dan memberikan banyak manfaat bagi anak.

Yang betul-betul memberikan manfaat buat anak bukanlah mainan atau permainan, namun proses bermain yang dilakukan anak.

"Orang tua bisa membantu anak untuk menciptakan mainan, mengusulkan permainan yang akan dilakukan, dan bermain bersama anak. Dengan demikian, anak bisa mendapatkan manfaat yang jauh lebih besar untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya," lanjut Anna. (tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA