Industri Kreatif Nasional Bergerak

KICKFEST 2020 Digelar Secara Online

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Kamis 23 Juli 2020
share
Istimewa

INILAHCOM, Jakarta - Ekonomi Indonesia mengalami laju pertumbuhan yang melambat seiring berkembangnya penyebaran virus COVID-19.

Salah satu yang terdampak adalah industri kreatif nasional. Namun dengan kemajuan teknologi e-commerce, industri creatif nasional ini dapat bertahan di tengah pandemi.

Buktinya dapat kita lihat dan rasakan sendiri di KICKFEST, yaitu sebuah pameran clothing lokal yang sudah rutin digelar sejak tahun 2007.

Tahun ini, dengan menggandeng Shopee, KICKFEST menjadi pameran online clothing lokal pertama di Indonesia lewat SHOPEE KICKFEST ONLINE.

Pergerakan KICKFEST diawali pada tahun 2007, ketika gabungan (kolektif) beberapa brand lokal yang tergabung dalam "KICK" (Kreative Independent Clothing Kommunity), menggelar acara pertama mereka, KICKFEST di Lapangan Sabuga, Bandung.

Acara itu dianggap sebagai gebrakan dari dunia clothing lokal, untuk industri kreatif secara umum.

Karena dalam waktu dua tahun, acara yang tadinya hanya digelar di Bandung, berkembang menjadi berskala nasional dengan menyertakan Yogyakarta dan Makassar dalam rangkaian eventnya.

Sejak saat itulah KICKFEST dipandang sebagai sebuah titik awal kebangkitan industri brand lokal di Indonesia. Hingga saat ini, KICKFEST terus berkembang, dengan menyajikan beragam brand clothing lokal dari Bandung, Jakarta, Bali, Malang, Surabaya, Yogyakarta, hingga brand-brand yang berada di luar pulau Jawa.

Semangat itu yang kemudian menjadi modal KICKFEST untuk terus berinovasi.

Di tahun 2020 ini, untuk pertama kalinya KICKFEST menggelar pameran clothing lokal dengan format online.

Didukung penuh oleh Shopee sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, SHOPEE KICKFEST ONLINE diharapkan dapat menjadi angin segar bagi penggemar clothing lokal dan juga momentum bagi industri brand lokal untuk terus berkreasi di tengah pandemi.

"Melihat perkembangan ekonomi kreatif yang perlahan mulai bergerak, kami melihat momentum ini dapat disesuaikan dengan kondisi di tengah pandemi lewat format online. Dengan dukungan dari Shopee kami berharap pameran clothing dengan format online ini bisa menjadi solusi bagi industri kreatif di tengah masa sulit ini," kata Ade Adriansyah selaku Ketua Panitia Kickfest, seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta Kamis, (23/07/2020).

Menghadirkan lebih dari 200 brand lokal se-Indonesia, Shopee dan KICKFEST juga memberikan beragam penawaran belanja.

Mulai dari happy hour di mana semua produk terpilih akan mendapat potongan harga sebesar 50 persen pada jam tertentu, diskon hingga 70 persen, juga promo gratis biaya kirim. Inilah yang menjadi alasan mengapa SHOPEE KICKFEST ONLINE patut ditunggu bagi para pecinta clothing lokal di Indonesia.

"Semangat yang dijalankan teman-teman Kickfest sesuai dengan misi Shopee untuk tetap terus menggerakkan ekonomi secara kreatif di tengah pandemi. Dengan dukungan teknologi dan inovasi dari Shopee, kami harap acara ini dapat memberikan pengalaman belanja online yang menyenangkan bagi pecinta clothing brand lokal di Indonesia. Selain itu dengan cakupan layanan Shopee yang luas, kami berharap SHOPEE KICKFEST ONLINE dapat dinikmati pecinta clothing lokal dari ujung Sumatera hingga Papua," papar Aditya Maulana Noverdi, Public Relations Lead Shopee.

Selain berbelanja, pengguna juga akan disuguhkan beragam aktivitas menarik, dari KICKQUIZ dengan beragam hadiah, mix and match produk brand lokal, KICKVIEW yang akan mereview produk-produk terbaik tanah air, hingga KICKTALK sebuah online talkshow dengan beragam topik seru seputar dunia industrI kreatif.

Acara ini akan diselenggarakan selama empat hari, mulai dari 21 Juli hingga 24 Juli 2020 di aplikasi Shopee dan Shopee Live serta platform instagram @kickfestid.

Acara ini juga diharapkan menjadi semangat baru untuk para pelaku bisnis brand clothing lokal dan meningkatkan daya beli masyarakat di tengah pandemi yang berdampak kepada ekonomi tanah air.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA