Pandemi Covid-19

Ini Wujud Cara Bantu Relawan Kesehatan

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Jumat 31 Juli 2020
share
Istimewa

INILAHCOM, Jakarta - Pandemi COVID-19 belum usai. Angka-angka kasus baru yang dirilis resmi oleh pemerintah masih menunjukkan kenaikan.

Masyarakat saat ini berada dalam fase menjalani adaptasi kehidupan baru. Dampak pandemi COVID-19 telah melumpuhkan banyak aspek kehidupan masyarakat yang hingga saat ini masih belum pulih sepenuhnya.

Pada masa-masa awal penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), terjadi lonjakan partisipasi sosial dari masyarakat untuk saling membantu.

Tentunya hal tersebut baik dan sangat positif untuk tetap diteruskan. Karena itu OT Group kembali melakukan aksi sosial terkait penanggulangan Pandemi COVID-19 bersama dengan Tim Koordinator Relawan Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Bertempat di The Media Hotel & Towers, Jakarta, OT Group kembali memberikan dukungan untuk penanggulangan pandemi COVID-19 melalui Tim Koordinator Relawan Satuan TugasPercepatan Penanganan COVID-19.

Bantuan tersebut berupa seribu paket produk-produk OT yang sudah cukup dikenal di masyarakat yaitu wafer Tango, Chizmill dan Fullo.

Sejak Maret 2020, OT Group telah melakukan sejumlah aksi sosial terkait penanggulangan COVID-19 yang menjangkau masyarakat umum terdampak dan tenaga medis di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Aksi sosial pertama kami di masa pandemi COVID-19 adalah bantuan sosial lintas agama yang diserahkan kepada pengurus Masjid Istiqlal Jakarta.

Kemudian bantuan untuk tim medis di 18 rumah sakit di empat provinsi.

"Selanjutnya kami juga telah membantu 25 panti asuhan di sembilan provinsi di Indonesia dan memberikan bantuan kepada lebih dari 15.000 warga di 21 provinsi. Komunitas tuna netra di Jakarta juga kami telah bantu. Bantuan yang diberikan berupa produk makanan dan minuman, kebersihan dan sanitasi, APD, masker, dan sembako," Ujar Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT, di sela-sela penyerahan bantuan, Jakarta, seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Jumat, (31/07/2020).

OT Group masih terus memberikan bantuan untuk penanggulangan COVID-19 hingga saat ini.

Sebagian besar bantuan tersebut disalurkan langsung melalui kantor-kantor perwakilan OT Group di seluruh wilayah Indonesia dan sebagian lagi bermitra dengan pihak-pihak yang memiliki kepedulian terhadap penanggulangan COVID-19, seperti Tim Koordinator Relawan Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

"Kami mengajak semua pihak yang memiliki kepedulian untuk tetap mendukung pemerintah dalam upaya penanggulangan COVID-19," tambahnya.

Meskipun saat ini masyarakat sudah mulai beraktivitas kembali, namun kondisinya belum sepenuhnya pulih. Kemudian, masih ada pihak yang terus berjuang sangat keras saat ini salah satunya para tenaga kesehatan dan tim medis.

"Kita harus tetap mengingat mereka juga. Mereka pertahanan terakhir kita dalam perang melawan COVID-19. Jadi kepedulian sosial yang sudah terbangun dari masa awal pandemi, seharusnya tetap kita jaga dan teruskan," paparnya.

Seberapapun yang dapat diberikan, pasti akan sangat bermanfaat untuk mempercepat penanggulangan pandemi ini.

Tim Koordinator Relawan Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang dikoordinir oleh Andre Rahadian telah berhasil mengumpulkan lebih dari 30.000 relawan untuk membantu percepatan penanganan COVID-19 di Indonesia.

Para relawan ini terbagi dalam dua kelompok, yaitu relawan medis yang berfokus pada membantu di ruang lingkup kesehatan dan psikologi serta relawan non medis yang terjun langsung memberikan sosialisasi dan edukasi pencegahan COVID-19 dan membantu pendistribusian bantuan kepada masyarakat yang terdampak.

Andre menjelaskan, masyarakat harus bergandengan tangan dan memiliki kepedulian bersama untuk segera memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan menjalankan adaptasi kebiasaan baru secara disiplin dan konsisten.

"Terima kasih untuk semua pihak yang telah peduli membantu upaya ini. Saya mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh OT Group secara konsisten, semoga pihak-pihak lain juga dapat turut bergabung bersama dalam penanganan COVID-19," Jelas Andre.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA