Ahli: Diet Sehat Bisa Turunkan BB 2 Kg Per Minggu

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 08 Agustus 2020
share
(foto: istimewa)

INILAH.COM - Pandemi COVID-19 menjadi masalah besar bagi sebagian orang karena sedikitnya aktivitas sehingga membuat berat badan naik. Namun ada trik diet sehat dari ahli yang jitu menurunkan bobot.

Menurut Dr Cut Hafiah, ahli spesialis gizi klinik, pada dasarnya menurunkan berat badan 8 kilogram dalam sebulan bisa terwujud jika diet dilakukan secara konsisten dan teratur.

"Memang berdasarkan literatur, penurunan berat badan yang sehat adalah 4-8 kg per bulan. Jadi kalaupasiennya patuh dan niat untuk diet, biasanya dia bisa turun 2 kilogram dalam waktu satuminggu. Jadi, kurang lebih dalam waktu satubulan, 8 kg bisa tercapai," katanya dalam teleconference virtual peluncuran slimming program D8 dari Skyn Clinic.

Hafiah mengatakan, menurunkan berat badan dalam waktu yang tergolong singkat harus tetap memperhatikan cara yang sehat. Pertama, harus punya motivasi dahulu untuk menjalankan program diet.

"Awalnya dari motivasi, kalau diet itu bukan sesuatu yang sulit atau menyiksa. Diet adalah sesuatu yang menyenangkan, diet sehat. Kita bantu juga dengan teknik estetika yang lain, sama obat-obatan juga, semangat juga untuk turun berat badannya," terangnya.

Selanjutnya, harus konsisten dalam melakukan program diet agar upaya penurunan berat badan bisa tercapai. Dan yang tak kalah penting, tidak mencoba diet macam-macam, terutama diet dengan cara ekstrim ataupun yang tidak sehat.

"Lalu kita ukur semuanya komposisi tubuhnya, analisis sebelumnya, ada riwayat penyakit sebelumnya atau tidak. Analisis asupan kebiasaan makannya. kebiasaan makannya apakah snacking-nya berlebihan atau dari segi makan utamanya, dianalisis dari segi gizinya. Lalu diperbaiki di situ," paparnya.

Sebelum menjalani program diet, harus konsultasikan dulu dengan ahli gizi untuk mendapatkan arahan-arahan dan langkah-langkah yang tepat. Hal ini penting agar tidak menimbulkan dampak buruk pada tubuh setelah diet. Karena itulah, D8 Skyn Clinic berupaya membantu konsultasi pasien yang ingin menurunkan berat badan dengan diet sehat.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA