Dukungan Kemenparekraf Tingkatkan Ekonomi Kreatif

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Kamis 27 Agustus 2020
share
Istimewa

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung penyelenggaraan kegiatan "Adira Finance Festival Kreatif Lokal 2020".

Hal tersebut untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan daya saing UKM kreatif dan wirausaha muda di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio dalam acara Penandatanganan Nota Kesepahaman Festival Kreatif Lokal dengan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (Adira Finance), Kamis (27/8/2020), mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata sinergi yang baik antara Kemenparekraf dengan pihak swasta dalam upaya membantu meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha di bidang ekonomi kreatif.

"Diharapkan dengan kerja sama ini dapat turut mengembangkan potensi ekonomi kreatif sesuai sumber daya lokal di masing-masing daerah sehingga dapat menjadi salah satu pembangun struktur perekonomian daerah serta menjadi daya tarik tersendiri dalam kaitannya dengan mengundang wisatawan dalam maupun luar negeri," kata Wishnutama.

Ia mengatakan, di masa pandemi COVID-19 ini semua pihak dihadapkan pada tantangan yang berat sehingga membuat semua harus lebih giat dan kreatif dalam menciptakan peluang. Untuk itu pemerintah mendukung produk lokal agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Pemerintah bersama dengan telah menginisiasi gerakan nasional "Bangga Buatan Indonesia" dan Kemenparekraf menjadi inisiator yang memulai kampanye itu dengan menggulirkan gerakan #BeliKreatifLokal.

Dalam program tersebut, Kemenparekraf memberikan berbagai pendampingan untuk peningkatan kompetensi pelaku UKM ekraf agar dapat masuk ke platform digital.

"Dengan bertransformasi ke digital, pemasaran yang dilakukan UKM akan berjalan lebih cepat dan jangkauannya lebih luas. Sehingga dapat mempercepat perputaran siklus ekonomi, memperbaiki daya beli masyarakat, dan pada akhirnya mendorong kebangkitan ekonomi pascapandemi," tambah Wishnutama.

Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli, mengatakan, "Festival Kreatif Lokal 2020" merupakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Adira Finance yang bertemakan "Bangkit Bersama Sahabat" yang diadakan mulai Agustus 2020 hingga Januari 2021. Program ini merupakan bentuk dukungan terhadap program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia.

"Pandemi COVID-19 telah berdampak pada sektor usaha. Situasi ini mendorong kita untuk bangkit dan berkolaborasi dalam menghadapi kesulitan ekonomi. Sejalan dengan visi kami yaitu menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan, #FestivalKreatifLokal 2020 adalah wujud kepedulian kami untuk membangun pelaku UKM dan generasi muda agar bersama-sama bangkit membangun perekonomian Indonesia," ujar Hafid Hadeli.

Festival Kreatif Lokal 2020 meliputi dua program acara yaitu Kreatif Lokal Award dan Konser Kreatif Lokal.

Kreatif Lokal Award merupakan sebuah apresiasi nyata Adira Finance bagi individu pelaku wirausaha yang telah menunjukkan prestasi kinerja baik dan memberdayakan masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan kreativitas sehingga meningkatkan taraf hidup diri dan lingkungannya.

Ajang ini berupaya mencari 18 pemenang dari 6 kategori bidang ekonomi kreatif yang dilombakan yaitu Kuliner, Fashion, Kriya, Fotografi, Video, dan Pertunjukan.

Selain modal usaha dengan total ratusan juta rupiah, para pemenang akan mendapatkan business coaching, program pendampingan bersama dengan Kemenparekraf RI, lapak online di Bukalapak, serta eksposur di media mengenai produk dan usaha mereka.

Para pelaku UKM kreatif dapat mendaftarkan sebagai peserta dengan mengunjungi microsite bit.ly/festivalkreatiflokal.

Pengumuman pemenang Kreatif Lokal Award diadakan pada November 2020 bertepatan dengan HUT Adira Finance ke-30.

Acara Kreatif Lokal Awarding Night tersebut akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti creative conference dari pembicara ternama, pakar di bidang industri kreatif dan pembicara internasional.

Pada penghujung Festival Kreatif Lokal 2020, akan diadakan Konser Kreatif Lokal pada Januari 2021, dengan rangkaian kegiatan terdiri dari Live Streaming event, Online Bazzar mengangkat produk para pemenang award, Online Workshop & Talkshow dengan ikon kreatif sesuai dengan kategori, serta Konser Amal artis ternama untuk menarik donasi bagi pelaku UKM yang terdampak pandemi.

Selain Adira Finance, PT Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) dan Anteraja turut menyampaikan dukungannya dalam Festival Kreatif Lokal 2020.

"Mendorong pertumbuhan dan meningkatkan daya saing UKM akan berdampak positif bagi perekonomian Indonesia secara keseluruhan. Oleh karena itu, kami sangat bangga dapat mendukung Festival Kreatif Lokal, yang bertujuan untuk membuka peluang baru bagi para UKM serta memberikan edukasi mengenai pentingnya perlindungan atas aset usaha melalui produk asuransi," ungkap Donni Gandamana, Direktur Adira Insurance.

Sebagai salah satu perusahaan jasa pengiriman barang berbasis teknologi, Anteraja juga memberikan dukungannya terhadap Festival Kreatif Lokal 2020 berupa pengiriman barang bagi para peserta pelaku UKM kreatif. "Dengan berpartisipasi dalam Festival Kreatif Lokal, kami berharap dapat ikut membantu membangkitkan kembali perekonomian nasional dengan memberdayakan ekosistem UKM terutama untuk memberikan akses teknologi pengiriman barang yang aman dan terpercaya," ujar Suyanto Tjoeng, CEO Anteraja.

Sebagai pendukung kegiatan Festival Kreatif Lokal 2020, Adira Finance juga mengadakan Festival Pasar Rakyat yang bertujuan untuk menjaga eksistensi pasar rakyat dengan cara melakukan pengembangan UKM yang ada di dalam pasar melalui digitalisasi, dengan bentuk kegiatan pelatihan virtual lewat topik-topik seperti literasi keuangan, pemasaran dan usaha online.

Selain mendukung pengembangan usaha untuk UKM di Festival Pasar Rakyat, Adira Finance berkolaborasi dengan organisasi sosial Gerakan Pakai Masker melaksanakan pemberian masker gratis serta penyuluhan penerapan hidup sehat dan bersih sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan para pedagang serta ekosistem di pasar rakyat di masa pandemi ini.

"Kami berharap rangkaian kegiatan di Festival Kreatif Lokal, menjadi kegiatan berkelanjutan yang dapat membangkitkan ekosistem ekonomi kreatif dan bersama meningkatkan ekonomi Indonesia. Sehingga ke depan, kami bisa menunjukkan semangat bersama agar Indonesia bisa terus maju. Tidak hanya berhasil bangkit dan tumbuh, tapi juga bagaimana kita dapat berkembang ke kancah internasional," kata Hafid.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA