Hadapi Tantangan Globalisasi

Generasi Muda Perlu Fondasi Kuat

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Rabu 02 September 2020
share
Istimewa

INILAHCOM, Jakarta - Pada era globalisasi, ruang informasi menjadi terbuka tanpa adanya batasan.

Untuk itu, perlu adanya filter dan fondasi yang kuat pada generasi muda untuk menghindarkan diri dari dampak negatif globalisasi.

Pendidikan berbasis teknologi juga harus diimbangi dengan pendidikan karakter agar anak menjadi pribadi yang berintegritas.

Sehingga anak pun dapat senantiasa merepresentasikan nilai-nilai moral dalam diri saat berkontribusi bagi lingkungannya.

Sekolah IPEKA, berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berkualitas.

IPEKA menyadari, kebutuhan akan sekolah berkualitas saat ini masih tinggi, khususnya di wilayah Indonesia Tengah dan Timur. Hal ini dikarenakan, sekolah-sekolah berkualitas berperan penting sebagai sarana mempersiapkan generasi muda yang memiliki kemampuan akademik serta karakter yang unggul.

Menjawab kebutuhan tersebut, IPEKA menunjukkan komitmennya dengan membangun Sekolah IPEKA BALIKPAPAN II sebagai bentuk kontribusi untuk ambil bagian dalam memajukan Indonesia melalui pendidikan.

Ini merupakan sekolah yang mengutamakan untuk membangun karakter bagi setiap guru dan siswa-siswi.

Selain itu, Sekolah IPEKA BALIKPAPAN II berkomitmen untuk mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai moral yang diwujudkan dalam aktivitas pembelajaran baik di dalam kelas ataupun di luar sekolah seperti proyek-proyek sosial yang langsung berdampak dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Dalam proses pembelajarannya, Sekolah Kristen IPEKA BALIKPAPAN II selalu menanamkan 5 nilai inti yaitu melayani, disiplin, integritas, pembelajar seumur hidup, dan saling menghargai. Kami juga menekankan siswa-siswi memiliki empati serta menghargai keberagaman", ujar Alfian Samudra, Kepala Sekolah Kristen IPEKA BALIKPAPAN II, seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Rabu, (02/09/2020).

Pada 14 Maret 2020, peletakan batu pertama dilakukan sebagai penanda dibangunnya Sekolah IPEKA BALIKPAPAN II.

Pembangunan gedung sekolah diperkirakan selesai pada Mei 2021. Untuk itu proses Penerimaan Siswa Baru untuk tahun pelajaran 2021/2022 saat ini sudah dimulai, sehingga siswa-siswi dapat mulai belajar pada Juli 2021 mendatang.

Sama halnya dengan Sekolah Kristen IPEKA Balikpapan I, Sekolah Kristen IPEKA Balikpapan II juga akan menghadirkan pendidikan yang menekankan keunggulan akademis serta pendidikan karakter unggulan.

Lebih dari itu, Sekolah IPEKA Balikpapan II juga dirancang menerapkan kurikulum berstandar internasional dengan mengedepankan pendidikan berbasis teknologi dan literasi.

Harapannya, dalam dua atau tiga tahun ke depan, Sekolah IPEKA Balikpapan II dapat menjadi sekolah SPK (Satuan Pendidikan Kerja Sama) atau yang dahulu dikenal sebagai sekolah internasional.

Proses pembelajaran dimaksimalkan dengan penggunaan teknologi digital seperti penggunaan chromebook sebagai media pembelajaran.

Proses tatap muka saat pembelajaran juga lebih difokuskan pada kelas yang interaktif. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi yang harus dimiliki siswa di abad 21 yaitu 4C, yaituCritical Thinking and Problem Solving(berpikir kritis dan menyelesaikan masalah),Creativity(kreativitas),Communication Skills(kemampuan berkomunikasi), danAbility to Work Collaboratively(kemampuan untuk bekerja sama) melalui aktivitas diskusi, debat, proyek sains sederhana, proyek sosial, dan lainnya.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA