Intip Bocoran Cerita Film Ranah 3 Warna

IN
Oleh inilahcom
Kamis 17 September 2020
share
 

Penggemar novel Ranah 3 Warna harus bersabar untuk menantikan kisah Alif Fikri melalui versi audio visual alias layar lebar. Novel karya Ahmad Fuadi ini memang laris manis hingga mancanegara dan sudah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa.

Ranah 3 Warna merupakan bagian dari trilogi kisah Alif Fikri yang menginspirasi. Berkat kesuksesan, novel ini kemudian diadaptasi ke dalam cerita film.

"Ini kisah tentang seseorang yang sudah berusaha sekuat tenaga, sudah Man Jadda Wa Jadda, namun belum juga berhasil. Perlu adanya kesabaran, Man Shabara Zhafira. Sangat related dengan kehidupan saat ini di tengah situasi pandemi," ungkap Guntur Soeharjanto, sutradara film Ranah 3 Warna dalam keterangan tertulis.

Film yang berlatarbelakang budaya Minang tersebut, menghadirkan sejumlah bintang muda seperti Arbani Yasiz, Amanda Rawles dan Teuku Rassya. Arbani memerankan tokoh sentral dalam film tersebut.

"Hampir setiap hari take, nggak ada jeda. Aku ada di sekitar 90 persen film. Alhamdulillah semua berjalan lancar," ujar Arbani.

Sementara itu Amanda Rawles berperan sebagai Raisa, seorang jurnalis kritis yang mahir beberapa bahasa asing. Hal yang paling menantang, baginya adalah mempelajari budaya Minang.

"Saat proses reading, sudah mulai mempelajari tari Minang. Lumayan menantang karena itu hal baru bagi aku," terang Amanda.

Sementara itu, aktor muda lainnya Teuku Rassya hadir dengan karakter Randai. Randai merupakan sosok penting bagi Alif Fikri. Selain temannya semasa kecil, Randai pun banyak memberikan makna kehidupan bagi Alif untuk mengejar cita-citanya. Bahkan, ia mendapatkan semangat tersebut lantaran persaingannya dengan Randai.

"Aku melakukan pendalaman karakter dengan observasi. Mencoba masakan Padang, mendengarkan orang-orang dari Padang berbicara seperti apa, belajar bahasanya dan aksennya," terang Rassya.

Nilai kesabaran memang dikedepankan dalam film Ranah 3 Warna. Sabar, menurut Guntur bukan hanya sekedar berdiam diri dan pasrah tanpa tetap berusaha mencari solusi dalam mengatasi permasalahan kehidupan. Ia menilai, cerita dalam film Ranah 3 Warna sangat bagus menggambarkan makna kesabaran yang seharusnya dilakukan.

"Sabar itu tetap aktif mencari solusi. Nah, hal itu yang ingin ditunjukkan Alif Fikri, tokoh sentral dalam film ini," imbuh Guntur.

"Ini kisah tentang perjuangan dan kesabaran. Saya berharap, film ini akan mampu menjadi tauladan yang baik bagi para penggemar film di Indonesia," ujarnya lagi.

Selain memberikan inspirasi, film Ranah 3 Warna juga memberikan tontonan yang memanjakan mata. Budaya Minang yang menjadi latar belakang film ini, bisa sekaligus membuka mata masyarakat, tentang kayanya budaya Tanah Air.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA