Pandemi Covid-19 Tak jadi Halangan Proses Belajar

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Selasa 29 September 2020
share
Istimewa

INILAHCOM, Jakarta - Pandemi covid-19 tidak menjadi halangan untuk anak - anak melakukan proses belajar mengajar.

Belajar di tengah pandemi saat ini bisa dengan media sosial,dan aplikasi. Karena itu, Balai Pustaka, Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang penerbitan, percetakan dan multimedia, membuat terobosan baru di dunia pendidikan.

Aplikasi Barugasikola telah dirancang lebih dari 9 bulan. Aplikasi ini menggabungkan media sosial dalam satu aplikasi yang terintegrasi.

Karena selain bisa bermedia sosial, aplikasi ini memungkinkan proses belajar mengajar antara guru dan siswa berlangsung di mana saja melalui media daring.

Sehingga semangat Merdeka Belajar dan Merdeka Mengajar pun bisa tercapai, sejalan dengan arahan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Dalam sebuah kesempatan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, menyebutkan bahwa esensi merdeka belajar adalah menggali potensi terbesar para guru-guru sekolah dan murid untuk berinovasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara mandiri.

"Bukan hanya mengikuti proses birokrasi pendidikan, tetapi benar-benar inovasi pendidikan," kata Nadiem Makarim seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Selasa, (29/09/2020).

Sementara itu, terkait kondisi dunia termasuk Indonesia yang tengah dilanda pandemi, aplikasi ini juga berperan penting dalam memutus mata rantai virus Covid-19, karena tidak ada interaksi langsung antara siswa dan guru, serta menghindari kerumunan orang dalam jumlah besar seperti saat bersekolah dengan sistem tatap muka.

Siapa saja yang bisa berinteraksi dalam aplikasi ini? Barugasikola menghubungkan warga dalam lingkungan sekolah untuk berkomunikasi dan berinteraksi dalam satu aplikasi yang sama. Yakni antara Sekolah/Yayasan-Guru-Siswa-Orang Tua siswa-Pemerintah.

Khusus untuk orang tua, aplikasi ini memungkinkan orang tua untuk memonitor aktivitas belajar antara siswa dengan guru melalui aplikasi.

Barugasikola pastikan, aplikasi ini bisa mempermudah orang tua melihat kegiatan anaknya setiap saat hanya melalui aplikasi. Aplikasi gratis ini bisa digunakan oleh siswa SD, SMP, SMA dan SMK.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA