Pandemi Covid-19

Ganjar Pranowo Tak Targetkan Kunjungan Wisatawan

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Rabu 30 September 2020
share
Istimewa

INILAHCOM, Semarang - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menjelaskan, saat masa pandemi covid-19 melanda Indonesia, dia tidak mau menargetkan kunjungan wisatawan ke Jawa Tengah dengan jumlah angka.

"Tidak berani targetnya. Sekarang Sunnah Saja ini. (Bukan wajib) enggak, enggak, silahkan saja yang mau piknik semua hati - hati itu saja. Kita tidak berani menargetkan yang gede-gede gitu ya. Karena takut, kalau orang bicara target, pasti enggak mungkin, target kok minim. Sekarang itu survive (bertahan) saja sudah bagus," kata Ganjar Pranowo usai menerima kunjungan Forum Wartawan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Forwaparekraf) di kantor Gubernur Jawa Tengah, Selasa, (29/09/2020)l.

Karena itu, masih menurut Ganjar, dibutuhkan dukungan yang nyata kapada para pelaku usaha di sektor Pariwisata yang terdampak pandemi covid-19. Banyak cara yang dilakukan Ganjar Pranowo untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan promosi melalu media sosial.

"Maka kita dorong, agar mereka bisa bertahan. Maka saya mencoba cara yang lain. Udah deh, yang biasanya dagangnya di sekitar pariwisata sekarang bisa Jual online. Maka di IG (instagram) saya setiap hari minggu itu saya jualan, #lapakganjar itu bagian dari kita berikhtiar," tambahnya.

Beragam produk yang kerap ditawarkan. Tidak sedikit adalah produk souvenir khas Jawa Tengah.

"Ini ada produk kaos, produk batik, produk handicraft. Terus ada kopi, makanan, kami jualin. Yang tidak di pariwisata juga tidak laku, kita bantu jualan. Belum yang berpindah pekerjaan loh ya. Kalau mereka jualan pariwisata enggak laku, mereka MC, mereka artis, enggak bisa mau apa? Ari Lasso aja jualan siomay. Mesti survive, kita bantu di situ," papar Ganjar. (tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA