Nepal Van Java

Magelang Suguhkan Desa Seperti Berada di Nepal

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Jumat 02 Oktober 2020
share
Inilahcom

INILAHCOM, Magelang - Punya mimpi mengunjungi Nepal, negara yang memiliki daya tarik perbukitan dan gunung yang sangat terkenal itu?

Untuk mencapai Nepal, memang membutuhkan biaya yang besar, mulai dari membeli tiket pesawat terbang, penginapan, hingga perlengkapan untuk naik gunung yang harus dipersiapkan khusus.

Nah, jika itu semua sulit diwujudkan, Anda yang sangat mencintai trevelling, bisa dengan mudah menuju salah satu bagian dari Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, yaitu Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kaliangkrik.

Dusun Butuh ini sangat istimewa. Mengapa? Karena, dia kini sedang menjadi pusat perhatian. Dusun Butuh tersebut memiliki julukan Nepal Van Java.

Seperti nama yang disematkan, daerah tersebut menawarkan pemandangan menarik yaitu rumah yang beraada perbukitan dengan Berlatar pemandangan Gunung Sumbing.

Ketika sampai tempat tujuan, Anda dimanjakan dengan udara segar perbukitan dan pegunungan. Para penduduk yang sibuk bercocok tanam, dan mengambil hasl panen sayur mayur.

Pemandangan yang sangat asri, disandingkan dengan bentuk rumah superti terlihat bertumpuk mengikuti area perbukitan.

Menikmati Matahari Terbit

Waktu terbaik menikmati indahnya pemandangan di Nepal Van Java adalah saat matahari terbit. Anda bisa menyaksikan matahari terbit di titik puncak Dusun Butuh, Kaliangkrik tersebut.

Untuk menuju titik tersebut, Anda bisa menggunakan jasa ojek dari arah rumah penduduk hingga batas pemukiman sebesar 20 Ribu rupiah.

Selepas batas pemukiman penduduk dan menuju puncak bukit di dusun Butuh dengen berlatar Gunung Sumbing ketinggian 3.371 meter di atas permutan laut, Anda juga bisa menggunakan jasa ojek.

Meski jalan yang dilalui bebatuan, tetapi pengendara ojek di Desa Butuh, Kaliangkrik sangat mahir membawa penumpang. Dengan dibandrol 10 ribu rupiah sekali jalan, Anda bisa cepat sampai ke atas perbukitan dan menikmati matahari terbit.

Jika Anda ingin merasakan nikmatnya mendaki bukit sambil melihat penduduk setempat beraktifitas mengambil hasil panen sayur, bisa dilakukan secara perlahan sesuai dengan kemampuan tenaga yang dimiliki.

Jangan takut tidak bisa istirahat di tengah perjalanan saat mendaki. Karena, ada beberapa bebatuan dan tanah datang yang bisa Anda gunakan sejenak untuk beristirahat mengatur napas.

Ketika menikmati matahari terbit, ini adalah waktu yang tepat untuk mengambil dokumentasi. Foto - foto yang diambil dari atas perbukitan yang berlatar Gunung Sumbing tersebut sangat instagramable. Ini adalah daya tarik tempat wisata tersebut.

Menikmati Gelombang Awan

Saat menuju puncak perbukitan di Dusun Butuh, Kaliangkrik, Anda sangat dimanjakan oleh alam. Jika cuaca cerah, Anda bisa menikmati cantika gelombang awan.

Anda akan merasakan seperti berada dinegeri di atas awan. Udara dingin tidak akan menusuk kulit Anda jika selalu melakukan aktivitas. Karena itu, sangat disarankan untuk jalan kaki menuju puncak perbukitan.

Tidak perlu membayar mahal untuk traveling ke Nepal Van Java. Anda hanya perlu membayar tiket parkir untuk sepeda motor dibandrol dengan harga 2 ribu rupiah, dan mobil 5 ribu rupiah.

Berkunjung Ketika Pandemi Covid-19

Destinasi wisata Nepal Van Java menjadi salah satu contoh yang patut diacungi jempol. Selain karena pemandangannya seperti berada di negara, Nepal, tempat wisata ini sangat pengedepankan protokol kesehatan.

Para penduduk setempat menggunakan masker. Terlihat, di beberapa sudut jalan, terdapat tempat cuci tangan dengan disediakan sabun.

Para pengunjung juga haras menerapkan dengan ketat protokol kesehatan. Tidak bergerombol dan tetap jaga jarak. Menikmati pemandangan indahnya alam Indonesia ini tetap harus menggunakan masker.

Jangan lupa membawa surat keterangan sehat, seperti surat hasil rapid test terbaru, atau boleh dengan swab test.

Paling penting dari perjalanan wisata ini adalah, Anda melakukannya dalam keadaan tubuh yang sehat. Tidak sedang dalam keadaan demam.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA