Penyanyi Andini Kembangkan Alat Deteksi COVID-19

IN
Oleh inilahcom
Selasa 06 Oktober 2020
share
 

Virus Corona yang menyebabkan pandemi COVID-19 di seluruh dunia membuat penyanyi Andini turut merasa prihatin. Pelantun lagu "Putih Abu Abu" ini merasa tergerak hati yang kemudian mengembangkan sebuah alat untuk mendeteksi COVID-19.

Penyanyi yang pernah kolaborasi dengan musisi tuna netra ini mengembangkan untuk mengukur suhu tubuh. Jika suhu tubuh masih di kisaran 36 derajat, tentu saja masih dianggap aman. Namun jika sudah menyentuh angka 38 derajat, tentu saja sangat mengkhawatirkan. Untuk itu perlu dilakukan tindakan lain, seperti rapid test ataupun swab test.

Persoalan lain, pihak swasta yang sedang terdampak ekonomi akibat Covid-19 harus mengeluarkan dana lebih demi melaksanakan protokol kesehatan.

Hal inilah yang membuat Andini muncul gagasan untuk mengembangkan alat yang bisa bekerja lebih maksimal. Saat ini masih dilakukan pengembangan dari alat yang sudah ada. Sehingga nanti biayanya jadi jauh lebih murah. Dari pada harus mengeluarkan biaya untuk membeli beberapa alat yang berbeda.

Sementara Andini melihat alat itu hanya mengukur suhu. Semestinya bisa mendapatkan data yang lain, dari orang yang diukur tersebut.

"Lagi diskusi soal teknologi, nyerempet ke covid-19. Dan masuk ngomongin soal thermal face recognition sama regulasi tauchless. Di situ muncul konklusi. Singkat cerita, saya sama mas Ozy dan teman-teman Algoritma tergerak karena mereka antusias sebagai anak - anak IT. Akhirnya kita komitmen kerja sama membuat device tipe face recognition yang diaplikasikan buat market swasta," kata Andini dalam keterangan resminya.

Pertemuan Andinia dengan partner kerja untuk membuat device baru hasil pengembangan yang sudah ada tersebut dilakukan di Pekanbaru. Kebetulan baik Andini maupun Ozy dari pihak Algoritma sedang berada di Pekanbaru.

Oleh Andini, alat yang baru tersebut diberi nama Kayu Laut. Alat itu bisa digunakan untuk, mengukur suhu, foto diri, serta jejak perjalanan orang tersebut. Sehingga ketika diukur dengan alat tersebut akan bisa didapat beberapa data, seperti suhu tubuh, foto diri, dan jejak perjalanan. Sehingga bisa dideteksi orang tersebut habis ke mana saja.

"Sesekali Andini bikin robot jangan bikin lagu melulu," ujarnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA