Jangan Anggap Remeh Ketika Anak Sariawan

IN
Oleh inilahcom
Kamis 15 Oktober 2020
share
Istimewa

INILAHCOM, Jakarta - Tidak jarang, ketika memiliki sariawan di mulut terkadang dianggap remeh.

Bahkan, ketika sariawan bertambah lebar, masyarakat kerap enggan memeriksakan ke dokter.

Menurut dr. Herwanto, Sp.A dari Rumah Sakit MItra Keluarga Kalideres, jangankan dari tenggat waktu Minggu ke Minggu, jika hari demi hari mengalami suatu hal yang aneh karena sariawan menjadi lebih besar, harus dicurigai ada sesuatu yang tidak beres di dalam tubuh.

"Misalnya, hari demi hari. Hari ini satu sentimeter, kemudian hari berikutnya bertambah, lebih lagi dan makin meluas. Atau kemudian tiba - tiba ada pendarahan, berarti ada yang serius," kata Herwanto saat webinar Kenali Sariawan Bayi dan Anak - Anak oleh Kalbe, Jakarta, Kamis, (15/10/2020).

Masih menurutnya, sariawan adalah sebuah tanda gejala yang akan terjadi di dalam tubuh Anda. Hal tersebut sama seperti ketika tubuh merasakan demam.

"Sama seperti demam. Ketika seorang anak mengalami demam, bisa saja demam berdarah, kemudian demam karena ispa (Infeksi saluran pernapasan akut)," tambahnya.

Dia menambahkan, ketika anak -anak mengalami sariawan, dan sudah menjalankan hidup sehat tetap belum juga mengalami kesembuhan, lebih baik orangtua membawa buah hati ke dokter.

"Sama seperti sariawan. Tubuh memberikan signal. Ada masalah dalam tubuh. Misalnya, sudah menjalankan hidup sehat, tetapi semakin banyak sariawan. Nah, itu segeralah mencari pengobatan, carilah perawatan dokter untuk anak Anda," ujarnya.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA