Ini Tips Menjaga Kesehatan Mata

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 24 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Mata merupakan bagian penting dari bagian tubuh, guna melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk itu meski menjaga kesehatan mata. Sehingga tidak menganggu penglihatan.

Mnjaga mata tetap sehat sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Mengonsumsi makanan sehat hingga selalu mengenakan pelindung bisa menjadi cara untuk menjaga kesehatan mata.

Berikut cara menjaga mata agar tetap sehat :


Konsumsi Makanan Sehat

Biar indra penglihatan ini selalu sehat, cobalah untuk rutin mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C dan E, asam lemak omega-3, zink, dan lutein. Kamu bisa mendapat kandungan nutrisi tersebut dengan mengonsumsi makanan, seperti sayuran hijau, tuna, telur, kacang-kacangan, blueberry, blackberry, dan jeruk.

Berhenti Merokok

Asap rokok yang mengenai mata disebut bisa meningkatkan risiko terjadinya katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang bisa menyebabkan kebutaan serta merusak retina.


Kacamata Pelindung

Bila beraktivitas di luar ruangan atau di depan komputer. Agar mata tidak mudah rusak, kamu bisa mengenakan kacamata anti-radiasi jika harus bekerja pada waktu yang lama di depan komputer. Sementara saat beraktivitas di bawah terik matahari, pastikan selalu mengenakan kacamata hitam. Tidak hanya bergaya, mengenakan kacamata hitam bisa membantu menghambat paparan sinar ultraviolet dari matahari ke mata.

Istirahat dari Komputer

Terlalu lama menatap layar komputer atau laptop juga bisa meningkatkan risiko kerusakan pada mata. Hal ini bisa menyebabkan mata kering dan tegang, pandangan menjadi kabur, nyeri leher, sakit kepala, sakit pada bahu dan punggung, serta sulit fokus menatap kejauhan. Jika harus bekerja di depan komputer, pastikan untuk selalu mengambil waktu istirahat, yaitu dengan mengalihkan pandangan setiap 20 menit. Cobalah untuk melihat objek yang jauh di depan, tujuannya untuk mengurangi ketegangan pada mata.

Rutin Periksa Mata

Rutin melakukan pemeriksaan pada mata juga bisa menjadi cara terbaik untuk mencegah kerusakan. Sebab, pemeriksaan mata bisa memantau kondisi bagian tersebut dan gangguan atau masalah kesehatan yang muncul bisa segera dideteksi. Disarankan bagi orang yang berusia lanjut ataupun muda, baik pria maupun wanita harus rutin memeriksakan mata ke dokter spesialis mata sekurang-kurangnya 2 tahun sekali.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA