Tips Halau Osteoporosis di Masa Pandemi Covid-19

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 24 Oktober 2020
share
Inilahcom

INILAHCOM, Jakarta - Osteoporosis di masa pandemi kerap terjadi. Mengapa?

Akibat covid-19, membuat masyarakat harus kerja di rumah. Hal tersebut untuk mencegah penyebaran covid-19.

Banyak masyarakat di rumah yang ternyata kurang aktivitas. Hal ini menjadikan masyarakat merasakan nyeri di persendian. Karena itu, tidak jarang masyarakat yang menggunakan obat anti nyeri karena merasa sakit dan mengobati sediri. Padahal, mengobati sendiri tanpa ke dokter memiliki risiko yang sangat besar.

Akibatnya sangat fatal, terjadi peningkatan komplikasi pasien non - covid-19 karena penanganan sendiri.

Salah satu penyakit yang terabaikan adalah osteoporosis. Seperti yang diketahui, osteoporosis adalah penyakit tulang yang ditandai dengan pengurangan massa atau kepadatan tulang sehingga mengakibatkan tulang menjadi keropos.

"Terdapat peningkatan risiko patah tulang karena tulang yang keropos. Osteoporosis ternyata tanpa rasa nyeri dan tidak bergejela," papar Dr. dr. Franky Hartono, Sp.OT-K dari Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta, Sabtu, (24/10/2020).

Ada dua jenis osteoporosis, yang pertama adalah osteoporosis karena proses penuaan. Misalnya, karena wanita yang sudah mengalami menopous.

Kemudian yang kedua adalah karena obat - obatan, penyakit rematik, asthma, gondok, kurang aktifikas.

"Akibat karena pandemi, manusia dibatasi aktivitasnya, jadi mengalami masalah tulang," tambahnya.

Osteoporosis bisa disebut sebagai silent disease karena menyerang secara diam-diam tanpa ada tanda-tanda khusus, apabila dibiarkan kedepannya dapat menimbulkan masalah pada fisik seperti rasa nyeri, patah tulang hingga membutuhkan ostheoarthritis advance.

Hal ini tentunya dapat menurunkan kualitas hidup seseorang yang dapat menganggu sistem tubuh yang lainnya termasuk jantung, paru-paru, dll.

"Osteoporoisis bukanlah penyakit akibat kurangnya kalsium, namun kalsium hanyalah salah satu faktor resiko terjadinya osteoporosis," ujar dr. Karina Besinga, Sp,OT-K.

Agar terhindar dari osteoporosis, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut:

1. Banyak berolahraga saat di rumah

Melakukan Work From Home (WFH) di tengah pandemi covid-19 bukan menjadi penghalang Anda tidak bergerak. Ini justru membuat Anda bisa meluangkan waktu sedikit untuk bergerak di rumah.

"Gaya hidup statis sedentary lifestyle banyak duduk, kurang bergerak tidak mau berjalan, kurang berolahraga bisa menyebabkan kerusakan pada tulang," papar Karina.

2. Tidak konsumsi minuman beralkohol

Jalankan hidup sehat tanpa mengkonsumsi minuman beralkohol sangat penting bagi kesehatan tubuh dan tulang.

3. Tidak merokok

"Merokok itu adalah salah satu gaya hidup yang tidak ada manfaatnya.

4. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang

Pola makan yang harus diperhatikan adalah konsumsi susu. Osteoporosis bukan diakibatkan karena kurangnya mengkonsumsi makanan sumber kalsium.

"Di bawah usia 20 tahun, pastikan anak - anak konsumsi banyak kalsium, sampai anak usia lebih dari dua puluh nanti langsung replace kalsium yang ada. Misalnya, mengkonsumsi buah pisang, alpukat, sayuran," tambahnya.

Walau di tengah pandemic Covid-19, masyarakat dihimbau untuk selalu mengontrol kesehatan tulang melaui berbagai media baik melalui telekonsultasi seperti konsultasi online maupun pertemuan tatap muka yang selalu mengedepankan protokol kesehatan di rumah.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA