Tapak Dara Dapat Cegah Diabetes, ini Ulasannya

IN
Oleh inilahcom
Senin 26 Oktober 2020
share
Bunga tapak dara

INILAHCOM, Jakarta - Selain wujudnya cantik dan banyak ditanam sebagai tanaman hias, bunga tapak dara ternyata merupakan tanaman obat yang berkhasiat. Tanaman ini sebenarnya terdiri dari berbagai jenis, dan hanya beberapa di antaranya yang bisa digunakan untuk pengobatan.

Manfaat Tapak Dara Untuk Kesehatan


Tapak dara memiliki berbagai macam kandungan senyawa yang ada di dalamnya dan berguna untuk menunjang kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat pada tumbuhan tapak dara untuk kesehatan tubuh:

Antikanker


Salah satu manfaat terbesar dari tapak dara adalah khasiatnya yang dapat menyumbuhkan beberapa jenis penyakit kanker. Hal ini dikarenakan tapak dara memiliki berbagai macam jenis senyawa yang dapat membunuh sel kanker di dalam tubuh, seperti vineblasine, vincristine dan vinorelbine.

Ketiga jenis senyawa tersebut memiliki kegunaan dalam melawan sel kanker dan juga tumor pada tubuh. Selain itu, senyawa flavonoid pada tapak dara juga berperan dalam mengatasi kanker dengan cara menghentikan poliferasi dari sel kanker tersebut .

Mencegah Diabetes


Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sering kali terdapat pada seseorang, penyakit ini disebabkan karena kandungan gula yang terlalu tinggi pada darah menyebabkan sulitnya tubuh untuk menyembuhkan luka terbuka.

Namun, dengan mengonsumsi tapak darah dapat mengatasi penyakit diabetes ini. Hal ini dikarenakan tapak dara memiliki kandungan senyawa flavonoid, fenolik dan juga alkaloid di dalamnya. Ketiga senyawa tersebut merupakan senyawa alami yang hampir terdapat di semua tumbuhan.

Flavonoid, fenolik dan alkaloid merupakan senyawa yang dapat merangsang usus untuk menyerap lebih sedikit glukosa pada makanan sehingga kandungan gula pada darah dapat berkurang. Selain itu, ketiga senyawa tersebut memiliki pengaruh dalam produksi hormon insulin oleh pankreas menjadi lebih banyak


Anti-inflamasi


Tapak dara juga dapat digunakan sebagai obat yang dapat menyembuhkan peradangan atau anti-inflamasi. Hal ini dikarenakan tapak dara memiliki kandungan alkaloid dan juga flavonoid di dalamnya yang dapat mempengaruhi saraf pada tubuh.

Flavonoid dapat membuat saraf dan bagian sendi menjadi lebih relaks dan menghambat penyaluran impuls-impuls listrik yang mengalirkan rasa sakit pada otak, sehingga dapat mengurangi nyeri pada otak


Sebagai Pencahar


Tapak dara juga dapat digunakan sebagai obat alami pencahar perut dengan cara menggunakan bagian daun dari tumbuhan tapak dara. Hal ini dikarenakan terdapat senyawa yang dapat merangsang usus untuk berkontraksi lebih banyak dari biasanya yang kemudian menimbulkan rasa ingin buang air besar.

Selain itu, kandungan serat pada daun tapak dara juga memiliki peranan dalam melembekkan feses sehingga mudah untuk BAB


Kaya Akan Antioksidan


Di dalam tumbuhan tapak dara banyak sekali kandungan senyawa yang memiliki sifat antioksidan bagi tubuh. Beberapa kandungan senyawa antioksidan pada tapak dara adalah ferulic acid, syringic acid, flavonoid dan juga fenolik.

Kandungan antioksidan pada tapak dara memiliki berbagai macam manfaa, salah satunya adalah fenolik yang mampu mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh yang mana dapat mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit.

Kemudian, ferulic acid memiliki manfaat dalam melindungi kulit tubuh dari sinar matahari yang dapat menyebabkan kanker kulit

Tips Penggunaan Tapak Dara


Tumbuhan tapak dara dapat dijadikan sebagai obat herbal terutama dalam menyembuhkan dan mencegah beberapa penyakit tertentu. Namun, dalam penggunaannya sebagai obat herbal, tapak dara tidak boleh dikonsumsi secara langsung dan harus dengan beberapa cara penggunaan.

Berikut ini tips dalam menggunakan tapak dara sebagai obat herbal:


Menghaluskan Daun


Di daerah asalnya tumbuhan tapak dara terutama pada bagian daunnya dapat digunakan sebagai obat untuk luka terbuka dan dapat dengan cepat menutup luka. Hal ini dikarenakan kandungan alkaloid pada daun tapak dara yang dapat membersihkan luka dari bakteri yang dapat menimbulkan infeksi.

Selain itu, alkaloid juga dapat merangsang sel-sel pada kulit untuk menutup pori-pori kulit yang terbuka dan menghentikan pendaharan pada luka.

Cara membuat obat herbal ini juga cukup mudah, ambil beberapa daun tapak dara dan bersihkan menggunakan air bersih. Setelah itu, tumbuk daun tapak dara hingga hancur dan kemudian oleskan pada bagian tubuh yang terluka


Air Rebusan Bunga Tapak Dara


Bunga tapak dara dapat dijadikan sebagai obat kanker yang mujarab dikarenakan di dalamnya terdapat kandungan senyawa antikanker yang sangat kuat, yaitu vineblasine, vincristine dan vinorelbine. Ketiga jenis senyawa tersebut merupakan jenis dari senyawa alkaloid pada bunga tapak dara.

Cara membuat obat herbal untuk kanker dari bunga tapak dara ini cukup mudah. Siapkan beberapa bunga tapak dara dan bersihkan menggunakan air bersih. Setelah itu, siapkan panci yang berisikan air serta masukkan bunga tapak dara ke dalamnya dan rebus hingga air berubah warna dan mendidih.

Setelah mendidih saring air rebusan kedalam gelas dan konsumsi 2x sehari pada waktu pagi dan malam


Menjadikannya Serbuk


Di daerah asalnya, Madagaskar tapak dara digunakan dalam bentuk serbuk yang dapat digunakan dalam metode apapun. Serbuk tapak dara dapat digunakan sebagai obat penyembuh luka dan juga dapat digunakan dengan cara disedu dengan air hangat untuk diminum.

Cara membuat serbuk tapak dara juga cukup mudah, siapkan beberapa helai daun tapak dara yang akan digunakan dan bersihkan menggunakan air yang mengalir. Siapkan wadah yang luas dan letakkan daun tapak darah pada wadah tersebut dengan jarak yang cukup.

Jemur daun tapak darak hingga kering dibawah sinar matahari. Setelah kering, haluskan menggunakan gilingan hingga menjadi serbuk dan simpan di dalam plastik ziplock.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA