Kenali Kopi Langka Liberika, Aroma Nangka

IN
Oleh inilahcom
Senin 26 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Kopi liberika merupakan salah satu varian tanaman kopi yang belum banyak dikenal masyarakat Indonesia. Mengingat Indonesia memang terkenal dengan jenis kopi Robusta dan Arabika.

Konon rasa kopi liberika beraroma seperti buah nangka. Tanaman kopi liberika dapat tumbuh menjulang sampai ketinggian 9 meter.

Histori masuknya kopi liberika di Indonesia sejak saat penjajahan Kolonial Belanda. Saat itu sekitaran awal era ke-19, kopi liberika berniat dihadirkan untuk menukar tanaman-tanaman kopi arabika yang rusak akibat serangan hama serta penyakit.

Kopi ini kabarnya berasal dari negara Liberia, Afrika Barat. Walau sebenarnya ditemukan juga tumbuh dengan cara liar di daerah Afrika yang lain.

Awal mulanya tanaman ini dikelompokkan kedalam spesies yang sama juga dengan kopi robusta dengan nama ilmiah Coffea canephora var. liberica. Tetapi pengelompokkan paling baru menyatakannya sebagai spesies sendiri dengan nama Coffea liberica. Lantaran dengan cara morfologi serta sifat-sifat yang lain tidak sama dengan robusta.


Sebagian varietas type kopi Liberika yang pernah dihadirkan ke Indonesia diantaranya yaitu type Ardoniana serta type Durvei. Kopi Liberika bisa tumbuh dengan tinggi hingga 9 m. Kopi ini masuk ke Indonesia pada era ke 19. Kehadiran type kopi ini yaitu untuk menukar kopi Arabika yang tidaklah terlalu kebal dengan hama penyakit.

Sayangnya, tanaman kopi liberika rawan sekali pada serangan penyakit HV. Kwalitas buahnya juga termasuk rendah lantaran memiliki ukuran yg tidak seragam. Diluar itu, tingkat produksi kopi liberika juga termasuk tengah.

Satu diantara daerah di Indonesia yang di kenal sebagai penghasil kopi liberika ialah Jambi. Bahkan juga propinsi ini dapat menghasilkan buah kopi hingga 270 ton per tahun. Hebatnya Jambi bahkan juga sukses membuat varian baru dari kopi ini yang dinamakan kopi liberika tungkal komposit (litbtukom).

Namun pemasaran kopi liberika terutama di Indonesia masihlah belum optimal. Cukup susah untuk kita untuk memperoleh kopi ini bila tak memesannya segera dari Jambi.

Ciri-ciri Kopi Liberika :

-Ukuran daun, cabang, bunga, buah serta pohon semakin besar dibanding kopi Arabika serta robusta
-Cabang primer bisa bertahan lebih lama serta dalam satu buku bisa keluar bunga atau buah kian lebih satu kali.
-Sensitif pada penyakit HV.
-Kwalitas buah relatif rendah.
- Produksi tengah, (4, -5 ku/ha/th) dengan rendemen 12%

- Ukuran buah tak rata/tak seragam
- Tumbuh baik di dataran rendah.


# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA